Menurut Saya sih ga masalah ya Pak, toh kegiatan itu tidak berbarengan
waktunya dan biasanya kalo ada kegiatan "keluar sekolah" suka ada
pengumumannya 1 - 2 minggu sebelumnya untuk daftar ulang mau ikut ato ngga,
mau ada tambahan orang yang ikut ato ngga (ini untuk mengetahui berapa orang
yang akan pergi, berapa angkot/bis yang akan dipake). Bahkan biasanya di
awal masuk sekolah suka dikasih rencana jadwal kegiatan sekolah, cuman
kadang waktunya suka melenceng, misalnya manasik di jadwal bulan Jan
misalnya suka melenceng jadi Feb ato melenceng tanggalnya) jadi kan kalo mau
ikut nganterin kita bisa "ngetek" cuti jauh2 hari.

Kayak misalnya ke kantor polisi dan kantor pos paling sekali saja (kalo di
TK anakku ya). Berenang rame2 sesekolah juga hanya sekali.

Lalu manasik sekali, malah kalo manasik kepseknya menghimbau ga usah ikut
nganterin (aku juga ngga nganterin) karena katanya walo nganterin tetap ga
boleh masuk jadi tetep di tempat parkir yang ga bisa lihat apa2 dan panas.

Les seminggu 1 kali karena gantian, setiap hari paling 4 orang anak sepulang
sekolah 1 jam. Les ini kalo di TK anakku les baca les nulis, berhitung.

Kalo di TK anakku, Sempoa dan Bhs Inggris termasuk Ekskul, jadi bisa milih
mau ikutan yang mana (sempoa atau bahasa inggris), seminggu sekali setelah
pulang sekolah (tapi dijadwal tidak bentrok sama les). Bhs Inggris yang ini
adalah yang intensif, karena di kelaspun mereka sebenarnya dapat bahasa
Inggris cuman hanya pengenalan nama2 benda saja.

Trus rekreasi juga sekali, biasanya ke Dufan/Ancol, nah kalo ini Saya
usahakan ikut (cuti gantian sama suami tergantung siapa yang bisa) karena
kebayang kalo ke Dufan ga diikutin ya susahlah walo gurunya banyak. Pas
acara berenang juga Saya usahakan cuti.

Gitu Pak, mudah2an berguna.