From: Kristianti Dewi Joris [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, July 27, 2004 9:16 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Tanya Obat Diare

Maaf Pak,

setau saya obat diare adalah waktu dan cairan. Berikut ini saya copy
paste- mengenai penanganan diare pada batita hasil seminar Common
Problems in Pediatrics.

Salam,
Dewi

DIARE - MUNTAH
Pada dasarnya, diare dan muntah adalah upaya tubuh untuk mengeluarkan
racun dan mengeluarkan virus/kuman. Tidak perlu memberikan obat anti
muntah atau obat untuk "mampet"kan
diarenya. Obat-obat semacam ini dapat megurangi/menghentikan gejala
diare/muntah tetapi tidak dapat mengobati penyakitnya. Perbaikan
tersebut bersifat "semu". Kita bisa
terkecoh, seolah anak membaik, padahal penyakitnya masih terus
berlangsung. Selain itu, obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko efek
samping.

PENYEBAB: pada anak terutama bayi, umumnya disebabkan oleh virus.
Penyebab lainnya adalah food posoning, alergi makanan, dan pemakaian
antibiotik

TATALAKSANA - CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak
F ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti
pedialit atau oralit
F Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi, kalau perlu, untuk
sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi

Kapan menghubungi dokter?
- Ada darah di tinja
- Tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering
- Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan
- Lemas, layu

PRINSIP:
- Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja
berdarah (butuh evidence/lab). Antibiotik justru akan memperparah
diarenya dan akan menyebabkan infeksi
tambahan oleh jamur/fungus/candida
- Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan,
motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim
- Pada diare akut, tdk perlu mengganti susu formula.
- INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!

Irman Ardiana wrote:

> Ibu2 & bapak2,
> Ada yang bisa kasih saran untuk obat diare anak umur 2 tahun (obatnya,
bukan pengganti cairannya), maksudnya untuk pertolongan pertama dulu
sebelum lebih lanjut ke dokter.