From: Kristianti Dewi Joris [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, August 02, 2004 5:00 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] omongan anak 16 bln

Mbak,

jangan panik, belum telat kok untuk ngajarin si kecil supaya lebih cepat
ngomong. Minta pengasuhnya lebih banyak ngajak main dan bercakap-cakap,
bacain buku cerita, dll daripada nonton TV/VCD seharian. Ibu dan ayahnya
tiap hari luangkan waktu khusus untuk mengajar kosa kata sederhana seperti
pengenalan warna, angka, nama buah, benda di lingkungan sekitar dll..dan
yang penting lagi, membacakan cerita ke anak setiap hari, paling pas
waktunya emang kalau anak mau tidur.

Maaf saya memberikan masukan ini bukan berdasarkan pengalaman pribadi yang
mengalami masalah karena anak belum banyak kosakata bicaranya karena anak
saya baru berumur 9,5 bulan. Tapi kira-kira cara itulah yang saya terapkan
ke anak saya sejak dia lahir, saya juga belajar dari other parents di milis
ini yang sharing mengenai bagaimana meningkatkan kemampuan bicara pada anak.
So far saya sudah mulai lihat hasilnya sih mbak, my baby sudah bisa panggil
mama & papa sejak umur 6,5 bulan. Panggil eyang = yaya dan mbaknya = emba
dari umur 7 bulan.
Bilang air = aing, dada (to say goodbye), hallo = elo, tidak = gak. So far
baru itu yang lain masih kebanyakan bumbling or her own language karangan
dia tapi saya ngerti aja maksud dia apa..hehehehe...tapi memang ngajarin
anak bicara harus sabar dan telaten plus kitanya "cerewet"

Salam,
Dewi

[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Waduh.. ibu Ririn & ibu Hilma harus bersyukur anaknya udah bisa ngomong
> meskipun masih kacau,
> saya juga jadi inget anak saya 15 bulan baru  bisa omong papa, mama, dada,
> ba, cece...
> Termasuk telat ya ?  Padahal kami sekeluarga termasuk bs nya suka ajak dia
> ngomong.
> bisa jalannya juga waktu 14 bulan, padahal anak laki.
> Gimana ya moms & dads ? apa yg perlu saya lakukan spy anak saya bisa
> ngomong ?
>
> rgds,
>

>                                                To:
<[EMAIL PROTECTED]>
>                                                cc:
>             "Ririn" <[EMAIL PROTECTED]>          Subject:  RE: [balita-anda]
omongan anak 16 bln
>             Others, 08/02/2004 03:11 PM
>

> jadi inget anak di rumah kl putri saya ngomong ( 16 bulan juga ) gendong =
> ndong, harimau = mau, cowok = cowok, taruh = tao, pinjem = jem, balon =
> baon, bangun = banun... yg bikin kaget pas mamanya ngomongpayah lu eee dia
> juga dengan gaya ngangkat jari telunjuknya ngomong payah lu dengan suara
> cadelnya....( ups muka jadi merah deh ) jadi bener bener harus ekstra hati
> [...]
attachments) is privileged and confidential, and may be legally exempt from
disclosure under applicable law. It is intended only for the specific
purpose of being used by the individual or entity to whom it is addressed.
If you are not the addressee indicated in this message (or are responsible
for delivery of the message to such person), you must not disclose,
disseminate, distribute, deliver, copy, circulate, rely on or use any of the
information contained in this transmission.

> We apologize if you have received this communication in error; kindly
inform the sender accordingly. Please also ensure that this original message
and any record of it is permanently deleted from your computer system. We do
not give or endorse any opinions, conclusions and other information in this
message that do not relate to our official business.