From: "Sylvia Radjawane" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, July 15, 2004 12:51 PM
Subject: Re: [balita-anda] Mimisan (was Re:Mimisan & sariawan)

> Hi mbak Yani,
> Waktu anak saya usia 1 tahun, ia pernah juga mimisan.  Saat itu
berhari-hari cuaca memang sangat panas. Seingat saya, hanya berlangsung
sebentar dan cepat berhenti.

> Setelah kejadian, saya sempat baca beberapa sumber info - just out of
curiousity - ttg. mimisan ini, dan intinya sbb.:

> * Penyebab mimisan: Suhu tubuh meningkat --> pembuluh nadi membesar-->
pembuluh nadi di rongga hidung jadi pecah --> ke luar darah dari hidung.

> * Penyebab lain mimisan bisa juga karena area kepala terpukul/terbentur,
iritasi selaput di hidung karena iklim kering/kurang kelembaban, bersin,
mengorek hidung atau saat membuang lendir dari hidung, ada 'benda asing' di
hidung... sampai yang 'skala' berat, seperti leukimia, haemofilia, demam
berdarah atau tumor ganas di hidung.

> * Mimisan bukan penyakit berat, tapi perlu waspada dan konsultasi medis
jika sering kambuh, darah yang ke luar sukar berhenti atau karena kepala
terpukul.

> * Anak-anak rentan dengan mimisan lebih disebabkan  pembuluh darahnya yang
tipis dan kurangnya kemampuan beradaptasi saat terjadi perubahan iklim.
Umumnya setelah anak lulus SD, tidak lagi mengalami mimisan karena pembuluh
darah dan sel lendir di rongga hidung sudah lebih kuat.

> * Pertolongan pertama pada mimisan: menghentikan darah yang ke luar &
menjaga jalan udara tetap terbuka.
> Salah satu cara tradisionalnya yaitu dengan menyumpalkan daun sirih ke
dalam lubang hidung, walau cara ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah
usia 3 tahun.

> hope that helps,
> Sylvia - Jovan's mum
>

> Yani <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Menyambung pertanyaan saya yg kemarin mengenai sariawan, kira2 panas dalam
itu selain menyebabkan sariawan apa bisa juga menyebabkan mimisan?...

> Sebenarnya penyebabnya mimisan itu apa? & therapi yg perlu dilakukan apa?
(org kita biasanya menggunakan daun sirih, hingga dirumah kakak saya tsb
memp. tanaman daun sirih utk pertolongan pertama)