From: Erwin PF [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, August 19, 2004 3:32 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] NgompoL.com

bisa dibaca2...

Ngompol (Enuresis) adalah pengeluaran urin tanpa disadari ketika tidur.
Dapat terjadi pada banyak anak-anak maupun remaja, dan kadang-kadang bahkan
pada orang dewasa. Tidak perlu diteliti kalau ini terjadi pada anak dibawah
5 th. Enuresis kadang-kadang ada kaitannya dengan kondisi medis. Setelah
dapat mengontrol buang air kecil dengan baikpun kadang-kadang masih bisa
terjadi. Tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Kesulitan kontrol dimalam
hari, pada kebanyakan kasus, hanya bersifat sementara. Enuresis pada remaja
dan dewasa sering disebabkan oleh problem emosi.

Gejala-gejala
  a.. Kontrol kandung kemih yang buruk.
  b.. Terlalu lelah.
  c.. Perasaan marah/jengkel.
  d.. Usaha latihan toilet yang terlalu semangat dan terlalu dini.
  e.. Infeksi saluran kemih.
Yang dapat anda lakukan
  a.. Jangan terlalu dicemaskan atau dilebih-lebihkan.
  b.. Tindakan terbaik adalah memberi dukungan; bukan mempermalukan,
memarahi ataupun menghukum.
  c.. Batasi minum 2 jam sebelum waktu tidur.
  Ingatkan anak supaya pipis dulu sebelum tidur.
  d.. Bangunkan anak supaya pipis dulu sebelum tidur.Konsultasikan pada
dokter jika ini terjadi pada anak yang lebih besar, remaja atau orang
dewasa.