From: "Kristianti Dewi Joris" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, August 27, 2004 8:40 AM
Subject: Re: [balita-anda] Susah Minum Susu

> Mbak Wening,
>
> umur 6,5 bulan tentunya sudah mulai solid food yach..memang kalau dilihat
dari porsi mik susunya per hari yang cuman 400-500 cc untuk anak seumuran
segitu emang kurang. Kalau memang anak ibu susah sekali mik susu mungkin
bisa diakali dengan cara susunya dimasukin ke makanan.

> Contohnya pemerian bubur susu, fruit milkshake, yoghurt, keju, dll  Anak
saya juga pernah seperti anak ibu tetapi kemudian saya mengakalinya dengan
pemberian susu di semua jenis makanan yang masuk setiap hari. Seperti kalau
pagi dia maem bubur tepung beras merah/kacang hijau pakai susu, oatmeal
pakai susu dan keju parut. Ntar kalau snack saya kasih fruit milkshake atau
puree buah campur susu untuk seumuran anak ibu. Untuk makan siang dan sore,
even nasinya aja saya ulet pakai susu, masih ditambah unsalted butter dan
keju parut, atau kentang puree dengan susu, ubi merah puree dengan susu.
Pokoknya serba susu mbak. Tips ini saya dapatkan dari dsa-Ruth dan memang
kalau saya hitung-hitung berapa banyak cc susu yang saya masuk kan ke
makanan nya + yang diminum jadi klop deh sesuai dengan standard jatah mik
susu perhari. Disamping itu memang
> keuntungan saya waktu Ruth susah mik susu formula dia masih ASI juga. Jadi
kalau nenen malem dan subuh dia kan kuat so saya prediksi sebetulnya
kebutuhan susunya sudah mencukupi.

> Salam,
> Dewi

susu. Sehari cuma minum kurang lebih 400-500 cc. Apakah ini cukup? Kebetulan
dia sudah tidak ASI lagi. Waktu ASI pun minumnya sedikit, sampai2 ASInya
jadi kering karena dia malas menghisap. Minum susunya pun harus benar2
ditelatenin, biasanya agak gampang kalau dia pas setengah ngantuk.   Jadwal
makannya pagi makan bubur susu, siang tim saring & sore buah.  Sekarang ini
dia sepertinya lagi nggak enak perutnya, kemarin sore makan pisang semuanya
dimuntahin lagi.  Oh ya, beratnya sekarang 7 kg (waktu lahir 3,1 kg). Apakah
ini normal? Kata DSAnya sih beratnya pas-pasan.   Kenapa ya ..anak kedua ini
beda sekali dengan kakaknya (laki2).  Kalau kakaknya dari kecil,
Alhamdulillah nyaris nggak pernah kurus.  Sekarang umur 4,8 tahun beratnya
23 kg. Terima kasih sebelumnya.