Pak Eko… Sabar ya, & ga’ usah marah2 dgn mertua. Aku juga ada pengalaman seperti itu. Saat itu anakku Fadlan berusia 1 bulan. Bulan pertama dia oke2 aja bab-nya, memasuki bulan ke 2 bab-nya ga’ pernah lancar. Pernah aku tungguin sampe seminggu, eh ga’ bab juga, akhirnya aku colok duburnya (maaf) dengan sabun yang dibuat seperti pencil (lancip ujung) & diolesi minyak kelapa.
Aku tanya sama dsa-nya dia bilang wajar kok bayi yg dpt asi bab-nya lbh lama, asalkan sewaktu hari pertama lahir mekonium-nya (bab pertama yg berwarna hitam)keluar.
Selama sebulan Fadlan mengalami hal seperti itu Pak, setiap hari keempat bila dia ga’ bab, aku colok dengan sabun. Dsa sih saranin kasih microlax, tapi aku ga’ gunakan, kasian ah masih bayi dikasih obat pencahar gitu, atas saran2 yg aku dapat aku gunakan aja sabun. Trus kalo’ memang si kecil udah dikasih susu formula (asi juga, formula juga) coba deh takarannya di encerin dikit. Dan memang sebaiknya jangan diberi pisang dulu, memang itu salah satu penyebabnya juga sih.. Jangan lupa perbanyak air putih, kalo’ memang dia sudah tidak asi exclusive lagi…

Bunda Daffa & Fadlan

From: "Made Kartika Kusumasari" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: RE: [balita-anda] ::TOP URGENT::BAYI UDAH 4 HARI BELUM BISA BAB JUGA
Date: Mon, 30 Aug 2004 10:20:01 +0700

aduh pak...
masak mertua di bego-begoin sih..
beruntung loh pak ada yang jaga putrinya di rumah..
memang cara orang jaman dahulu dgn sekarang beda pak..(bapak sendiri dikasih pisang umur berapa sama ibunya ?)
tapi saya sendiri ngikutin cara jaman dahulu juga.. 2,5 bulan sudah saya coba berikan pisang, ortu dan mertua saya juga nasehatin saya untuk kasih pisang umur segitu.. karena saya juga dikasih pisang oleh ibu saya sejak umur 2 bulan, tapi nggak papa tuh pak pencernaan saya.. cuma suka sakit aja kalau nggak makan hehehehe
anak saya juga sampai sekarang 4 bulan untungnya BABnya normal tidak ada perubahan...
kalau anak saya sehabis makan pisang minum air putihnya yang banyakan biar gampang dicerna oleh ususnya, ngak langsung kasih susu dulu.. pisangnya juga di haluskan bener2.
Jadi semuanya tergantung dari kita dan pencernaan anak sendiri..

kasihan juga vanessa selama itu nggak PUP (sorry lagi), kita sendiri kalau nggak PUP berhari2 juga pasti nggak enak bawaannya, kotoran numpuk dilambung.
Pak, kalau saran saya.. (katanya orang dulu juga ya..) kalau anaknya susah BAB coba di tusuk duburnya (sorry) dengan sabun yang dilancipkan (tapi ujungnya tumpul yach)
tapi sebelumnya dikasih minyak kelapa dulu biar nggak iritasi...

maaf kalau nggak berkenan