Dear all,

Rencananya 3 minggu lagi saya akan kembali ke kantor. Sementara ini lagi dalam tahap
melatih anakku supaya mau nyusu dng botol. Rencananya nanti akan pakai ASI hasil
perahan sehari sebelumnya plus susu formula jika kurang. Usia anakku 2,5 bulan.

Latihan sih baru 2 hari, tapi kayaknya butuh kesabaran super ekstra untuk ngelatih si
kecil. Yang sudah saya lakukan adalah setelah menyusui di pagi hari (jam 6-an pagi),
biasanya Alfin mandi trus tidur. Nah, waktu dia bangun u/ minta susu berikutnya, saya
sodorkan botol susu (isinya ASI perasan). Cuma yang ada dia hanya jilat2 dotnya, trus
nangis hebat. Saya coba terus, dia tetap tidak mau. Akhirnya dia ketiduran karena
capek nangis. Waktu bangun berikutnya lagi, kembali saya kasih botolnya. Tetap tidak
mau. Karena kasihan dan sepertinya dia laper banget, ya akhirnya saya kasih ASI
langsung lah. Kalau ini tanpa babibu langsung dia serbu.

Cuma kalo begini terus, bakalan repot eyangnya waktu saya balik ke kantor.

Nah, pertanyaannya:
1. Mungkin mom and dads ada yang punya resep canggih u/ migrasi dari susu ibu ke botol
susu (baik dengan ASI atau susu formula)
2. Kalau dotnya, apa sudah bisa dipakai yang ukuran M ? Mna yang lebih lentur, natural
rubber atau silikon?
3. Kira2 susu formula apa yang bagus ya ?
4. Apa benar susu formula sebaiknya dikonsumsi selambatnya 1 bulan setelah dibuka ?
Soalnya susu formula yang awal dari RS masih ada tuh.

Sebetulnya waktu Alfin usia 1-2 minggu, sempet bisa minum dengan botol susu pake susu
formula, soalnya waktu itu ASI saya belum lancar.

Maaf kalau pertanyaannya terlalu banyak atau sudah pernah dibahas. Soalnya saya baru
join milis ini.

Thanks,
Bunda Alfin