Berhubung anak saya baru mau 3 tahun, saya sharenya utk yg seusia nya saja
ya...
Ini juga masukkan dari gurunya di sekolah yg baru tadi pagi dibicarakan.
Intinya utk usia segitu yg di munculkan adalah pengenalan dan pembiasaan
saja akan istilah2 puasa dan tatacaranya. Misalnya :

1. Shaum = puasa, orang puasa itu apa landasannya (Salah satu dari rukun
Islam, etc...)
2.Arti kata Sahur, berbuka...
3. Dirumah dibuat suasana 'heboh'. rumah dihiasi dengan kalimat2 "Marhaban
yaa ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa... dll"
pokoknya Bulan Ramadhan merupakan bulan yg ditunggu tunggu makanya dalam
meyambutnya serta puasa merupakan sesuatu yg menyenangkan, rumah
dihias,mungkin bisa seperti suasana ulang tahun, pakai balon, kertas krep..
etc...
4. Sediakan kado/hadiah harian, dan hadiah mingguan..sebagai penghargaan
baginya untuk puasanya  hari itu...
Lalu dibuat catatan... misalnya dalam seminggu ada berapa hari dia mencapai
targetnya (misalnya jam 10 atau jam 12)... lalu d akhir minggu dapat hadiah
mingguan
Untuk hadiah bukan yg mahal2, bisa apa saja, makanan kesukaannya, wafer,
biskuit,mainan2 kecil, penggaris, buku cerita... Intinya sesuatu yg
dibungkus kado. karena biasanya anak2 itu suka curious (penasaran) dengan
sesuatu hadiah yg dibungkus kado.
5.Untuk waktu sahur tdk musti mengikuti jam kita makan sahur, namun
sebangunnya si anak, misalnya anak bangun jam 6 pagi... maka itulah wkt
makan sahurnya, let's say sampai jam 6.30 pagi... setelah itu.. tidak boleh
makan dan minum mungkin sampai jam 10-12...boleh... tapi disimpan dulu ya
sampai jam bukanya dia jam berapa...

Segitu dulu saran dari saya...
Mungkin bisa dibaca buku :
1. Ramadhan for Kids, karangan Irawati Istiadi, Penerbit Pustaka Inti. Bisa
pesen di toko buku Rokhis telp.847.0870, harga sekitar Rp. 12.000,-
2. 10 kiat Mempersiapkan anak Pra 'sekolah Berpuasa, karangan Ery Soekresno,
psi dan Irwan Rinaldi,SS. Penerbit Asy Syamiil, bisa ditanyakan di
penerbitnya, alamat di Bekasi telp. 823 18 513. Mungkin di Gramedia juga
ada. harga sekitar Rp. 11.000,-

Sekian semoga membantu...

fara