From: Elvino, Jeffry [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, September 29, 2004 11:32 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] OOT - SINUSITIS

Saya juga termasuk penderita sinusitis yang udah lamaaa banget (hampir 20thn
kali, sejak SMA). Dan 2 orang adik2 + Ibu saya pernah dioperasi sinusitis
tapi beberapa tahun kemudian masih kambuh lagi tuh...
Saya sendiri dulu gak berani di operasi karena kalo tahun2 80-90 operasi
sinusitis masih menakutkan (dibedahnya dibawah bibir atas) dan sakitnya lama
banget (kalo sekarang operasi bisa langsung dari hidung). Beberapa kali di
terapi dan di pompa untuk ngeluarin cairan dari rongga sekitar hidung juga
gak begitu bermanfaat (tapi saya belum pernah nyoba gurah)
Waaah... pokoknya gak enak banget, sampai akhirnya saya diajak temen ikut
olahraga pernafasan dan ternyata sangat membantu. Ketika aktif beberapa lama
dengan olah raga tersebut, penyakit ini bener2 hilang. Cuma sekarang kambuh
lagi walau gak separah dulu (sekarang olahraganya gak begitu getol kayak
dulu sih...).
Jadi saran saya, coba ikutan olah raga pernafasan secara rutin deh bu (SN,
MP dll) saya yakin ini bisa sangat membantu dan saya sudah buktikan
sendiri..

Salam,