Mbak...
Kemaren waktu saya ke dokter dikasih sirup Kaopectate, pedialyte dan obat
puyer dari DSA...
Dan juga susunya pun diganti jg....
Tapi setelah saya baca artikel dari mbak, ga perlu ganti susu dan minum
kaopectate...(yah tapi sdh terlanjur yach...)
Tapi terima kasih yach atas masukkannya...

Mama Billa

                    nyoman rahayu

                    <[EMAIL PROTECTED]        To:     [EMAIL PROTECTED]

                    hoo.com>             cc:

                                         Subject:     Re: [balita-anda] Pup...pup...

                    06/10/2004

                    12:50

                    Please

                    respond to

                    balita-anda

Dear mamanya Billa,
ini saya postingkan "common problem" penyakit pada bayi dari dr. Wati di
mili sehat mengenai diare & muntah. Mudah2an membantu.

DIARE ? MUNTAH

Pada dasarnya, diare dan muntah adalah upaya tubuh untuk mengeluarkan racun
dan mengeluarkan virus/kuman. Tidak perlu memberikan obat anti muntah atau
obat untuk "mampet"kan diarenya. Obat-obat semacam ini dapat
megurangi/menghentikan gejala diare/muntah tetapi tidak dapat mengobati
penyakitnya. Perbaikan tersebut bersifat "semu". Kita bisa terkecoh, seolah
anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung. Selain itu,
obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko efek samping.

PENYEBAB: pada anak terutama bayi, umumnya disebabkan oleh virus.

Penyebab lainnya adalah food posoning, alergi makanan, dan pemakaian
antibiotik

TATALAKSANA ? CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak

               ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS)
seperti pedialit atau oralit

               Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi, kalau perlu,
untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi

Kapan menghubungi dokter?

            Ada darah di tinja
            Tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering
            Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan
            Lemas, layu

PRINSIP:

            Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila
tinja berdarah (butuh evidence/lab). Antibiotik justru akan memperparah
diarenya dan akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida

            Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan,
motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim

            Pada diare akut, tdk perlu mengganti susu formula.

INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!

Sulis <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Mamanya Billa,
Bisa juga anak-nya diare karena makanannya, tp kebanyakan sih bubur tim yg
pake ikan salmon nggak bawa dampak diare, mungkin juga pengolahannya.
Daire yang bisa menyembuhkan cuma waktu dan banyak konsumsi cairan (
pedialyte, susu, air putih, buah, sup ) yang penting Billa jangan sampe
kehilangan cairan.
Kalo Ibu mungkin masih penasaran sebab-2 nya, bisa juga di cek feses,
setelah hasilnya keluar Ibu bisa konsultasikan ke DSA-nya.

Semoga lekas sembuh
Sulis

Sent: Wednesday, October 06, 2004 8:00 AM
Subject: [balita-anda] Pup...pup...