Mbak Deasy,

Saya juga punya pengalaman caesar dengan dokter Wachyu setahun lalu tepatnya
akhir Oktober 2003. Padahal sampai bulan ke delapan pun dokter masih bilang
tidak ada masalah apa2 dengan kandungan saya. Sampai 2 minggu sebelum due
date dia langsung memutuskan tanggal 24 Oktober batas akhir saya untuk
operasi dikarenakan kandungan saya belum turun2 yang bisa dikarenakan 3
kemungkinan: bayi yang kebesaran / panggul yang sempit atau bayi terlilit
tali pusat. Disitu saya langsung berpikir kok nih dokter gampang banget
langsung mutusin caesar.

Saya dan suami tentu saja kaget. Karena terakhir check up pun waktu kami
tanyakan apakah bisa normal, Beliau bilang bisa. Bahkan kalau memang bayinya
besar tentu sudah terdeteksi sejak bulan ke 7 atau 8 dan seharusnya Beliau
menyarankan saya untuk mengurangi makan atau saran apalah sebagai usaha
untuk menurunkan bayi masuk ke jalan lahir. Akhirnya saya minta tanggal
operasi diundur seminggu dengan harapan masih bisa normal. Dokter Wachyu
setuju ditunggu sampai 2 November. Akhirnya atas inisiatif sendiri kami ke
dokter Bambang Karsono untuk USG gna mengetahui kondisi yang sebenarnya.
Menurut dokter Bambang bayi memang terlilit tali pusat tapi hanya 1 kali dan
itupun kendor dan saya masih bisa menlahirkan normal.
Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Dari tanggal 27 Oktober jam 17.00 saya
sudah merasa mulas sampai keesokan harinya Subuh saya langsung ke rumah
sakit karena kontraksi sudah semakin kencang dan makin dekat. Sampi di RS
ternyata saya baru bukaan setengah. Bahkan jam 10.30 bukaan baru 1,5
sedangkan saya sudah nggak kuat lagi. Akhirnya suster bilang bahwa ada
instruksi dari dokter Wachyu bahwa setengah jam lagi saya harus segera
dioperasi. Akhirnya jadilah saya dioperasi dan lahirlah putera kami pada jam
12.03 dengan BB 3,7 kg dan TB 51 cm. "Tuh kan.... lehernya kelilit tali
pusat. Untung segera dioperasi", katanya sambil melepaskan tali pusat yang
melilit leher anak saya yang saya lihat sendiri.

Yah... terlepas dari benar/tidaknya dokter Wachyu itu caesar minded, semua
saya ikhlaskan saja. Mungkin saja pada detik2 terakhir (bulan terakhir pra
persalinan) memang terjadi perubahan yang besar sehingga saya harus
dicaesar. Dan pada kehamilan kedua inipun (yang perkiraannya pada Januari
2005) saya kembali harus casear dan tetap dengan dokter Wachyu, karena
dengan dokter manapun, toh pasti tetap harus dicaesar karena persalinan
kurang dri 2 tahun dari caesar yang pertama.

Regards,
- Vita -