Kakakku malah gak ketahuan sampai dia meninggal. Baru saya baca artikel
tentang LUPUS kemarin kok gejalanya persis banget. Kakakku pertama
katanya tipus, terus ginjal dan setelah itu HB terus turun. Awalnya
transfuse 1 bulan 1X, terus 1 bulan 2X akhirnya 1 minggu 2X. Padahal
kakakku ditangani dokter ginjal yang baik disurabaya dan spesialis darah
tapi kok gak ada kata2 mereka tentang LUPUS ya. Hanya terakhir dokternya
bilang 1 ginjalnya dah bocor, 1 bulan kemudian 2 ginjalnya terus
jantungnya. Pokoknya metabolisme tubuh bener2 diacak2 deh. Berobat gak
ada sembuhnya sama sekali, alternative juga sudah. Saat diputuskan harus
cuci darah, setelah cuci darah langsung tangannya biru , padahal saya
liat kakek2 aja setelah dicuci darah langsung badannya seger kayak dapat
tambahan tenaga baru, kakak saya malah kondisinya tambah drop setelah
dicuci darah. Dokternya bingung kok bisa akhirnya 3 hari kemudian
disuruh cuci darah lagi, ternyata gak sampai cuci darah yang kedua
kondisinya makin drop hingga ajal menjemputnya. Ya itu mungkin yang
terbaik yang diberikan Allah untuk kami sebab kasihan juga dia makin gak
karuan. Yang aneh lagi dah kondisi gak bagus itu satu minggu sebelumnya
dokter menyarankan dibawah pulang. Dirumah sempat drop sampai
kejang-kejang segala. Akhirnya dilarikan ke RS lagi.

Dia sibuk banget ditambah lagi ketika dia memutuskan kuliah lagi sambil
kerja wa jadwalnya makin padet kondisi maemnya gak dijaga, kadang
sehabis pulang kuliah malam langsung bobok padahal tadi paginya puasa,
dia Cuma minum aja untuk batalin puasa. Ya mungkin benar kondisi cape
memicu cepatnya berkembang penyakit itu. Hanya butuh 4 bulan dari
pertama sakit sampai tidak ada lagi.
Semoga kita semua, orang tua kita, anak-anak kita terhindar dari
penyakit itu. Bener dibilang penyakit itu ganas cara berkembangnya
mungkin lebih cepet dari AIDS jika kondisi tubuh tidak bagus.