From: "Sylvia Radjawane" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Cc: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, December 10, 2004 12:39 PM
Subject: Re: [balita-anda] makanan tambahan

> Hi bunda Kemala,
>
> Sampai usia 6 bulan, asupan ASI eksklusif atau ASI dan susu formula sudah
sangat mencukupi untuk nutrisi bayi, mbak.  Buktinya, Kemala BB-nya dan
peningkatan BB/bulan bagus untuk bayi seusianya walau hanya ASI dan susu
formula :)
> Nggak coba ASI perah, mbak?  Apalagi kalau 'demand' Kemala tinggi,
'supply' ASI mbak pasti mencukupi, walau mbak sekarang bekerja.

> Makanan tambahan atau makanan padat memang sebaiknya diperkenalkan kepada
bayi sejak usianya 6 bulan.  Keuntungannya, di antaranya:
> - Sistem pencernaannya sudah sempurna untuk mencerna solid food
> - (lepas dari merek susu formula yang dipakai) kemungkinan untuk diare
atau sembelit bisa dicegah
> - Mungkin juga sudah mulai belajar duduk, jadi dia lebih 'excited' waktu
disuapi dan menikmati makanannya
> - Menunda kemungkinan anak alergi makanan jika dikenalkan terlalu dini.
>
> Di awal pemberian, itu pun hanya 'porsi' perkenalan dulu, bisa dimulai
dengan produk tepung/cereal (mis. tepung beras putih, beras merah, kacang
hijau, dll). Kalau makanan tambahannya bisa ditunda 2 bulanan lagi, bagus
juga, mbak :)

> Iya memang, zaman kita kecil, orang tua mungkin sudah mengenalkan pisang
dan makanan tambahan lain waktu usia < 6 bulan, dan memang buktinya kita
tetap tumbuh dan sehat :) -- tapi mungkin juga zaman dulu kebanyakan orang
tua memberi ASI bahkan sampai > 2 tahun, belum ada banjir iklan susu formula
seperti sekarang.  Jangan-jangan kontribusi ASI ini yang lebih berperan
daripada makan pisang dkk. waktu usia 3 bulan he..he..

> salam buat Kemala ya,
> Sylvia - Jovan's mum
>

> Bunda Kemala <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> saat ini anak saya Kemala (4 bulan) beratnya kemungkinan udah 7 kg,
> Sewaktu imunisasi DPT & Polio bulan kemarin BB: 6.2 Kg Panjang 63 cm..
> Pertambahan nya dari bulan ke bulan sekitar 700gr - 1 kg.
> Sejak sebulan kmrn Kemala makanannya udah dicampur (ASI & susu botol)
dikarenakan saya udah masuk kerja.

> Menurut referensi yang saya baca .. bayi itu di beri makanan tambahan kl
udah mau 6 bulan..
> Sementara dari keluarga saya .. selalu mendesak kl anak saya harus di beri
makanan tambahan sejak 3 bulan.