Dears Moms and Dads,

Mudah2an membantu ya informasi dibawah ini....

desma

Hernia pada balita
Friday, 5 Nov 2004
Susi --- Jakarta
Dok anak saya 4,3 tahun BB:15kg tinggi badan:109cm sudah hampir satu bulan ini di bagian selangkangan dekat penis agak membengkak. Anak saya sih tidak pernah mengeluh sakit. Tapi kalo saya pegang dan agak saya tekan dia bilang sakit tapi sedikit, itupun dia bilangnya sambil ketawa, katanya geli... jadi saya tidak bisa mastiin apakah hanya geli atau sebenarnya sakit.

Kata DSA nya itu hernia, dan saya dirujuk untuk melakukan operasi.
Pertanyaan saya:

Apa benar itu hernia?

Seberapa besar efek samping bagi anak saya dengan penyakit hernia yg dideritanya ini.

Sebelum melakukan operasi, pemeriksaan apa yang harus saya lakukan,untuk meyakinakan diri saya bahwa memang benar itu hernia dan harus dilakukan tindakan operasi, karena terus terang saya ngeri dengan hal-hal yang tidak saya ingin (kesalahan yg dilakukan dokter) saat operasi tersebut dilakukan.

Apakah penyakitnya ini ada kaitanya dengan berat badanya yg menurut saya kurang. Sebab kalo saya amati berat badan anak saya sejak masuk sekolah play grup dan sekarang sudah TK kecil, berat badanya nggak naik-naik, apa ada yg salah dengan pola asuh saya. Perlu dokter ketahui jarak sekolah dengan rumah sangat dekat. Hanya beda tiga rumah dari rumah kami. Dan anak saya termasuk anak yang aktif dan tidak mau tidur siang. Sementara malam hari juga tidurnya diatas jam 9 malam.

Mohon saran dokter...
Sebelumnya saya ucapakan terimaksih

Jawaban:
Dear Susi
Thanks buat emailnya dan maaf bari sekarang ditanggapi
HERNIA. Hernia adalah keluarnya sebagian usus melalui suatu lubang di dinding perut. Kalau dibiarkan berlarut2, maka si usus akan terjepit, tidak lagi bisa keluar masuk seperti sediakala, dan ini menyebabkan si usus "rusak" sehingga operasinya pun menjadi besar... sedangkan bila hernianya masih keluar masuk, operasi nya ringan karena sama sekali tidak mengutak atik ususnya, hanya menjahit lubang di permukaan perut tsb.

Nah saran saya, kalian second opinion ke ahli bedah anak ya.. lihat deh jawaban saya di pertanyaan serupa terdahulu...

KEDUA, hernia tidak ada kaitannya dengan BB anakmu. Anakmu memang petit tapi masih normal, kan dia aktif jadi kalorinya dia bakar...
Tidak ada yg salah dengan pola asuhmu. Anak kan tidak usah gemuk ya ...bahkan gemuk itu sendiri kan tidak sehat...

Nah, sediakan saja cemilan sehat di rumah, potongan buah, kukusan sayur, yogurt, keju, es krim, agar atau cake buatan mu dlll

Ok sukses ya
wati
PT. Anugerah Pharmindo Lestari
Jl. Pulolentut Kav. II E / 4
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Telp. 4604705 ext. 208
Fax . 46829223

Kirim email ke