Papinya Jevon,

Kebetulan awal desember kemarin saya baru pulang ke Jogja, ( thanks to mbak
Rita S atas info˛ makanan, sorry belum sempat cerita˛).

Kalau bapak sudah pernah lewat/hapal jalan menuju Jogya,  saran saya baiknya
jalan sore atau malam hari.
Keuntungannya :
- di jalan lalu lintas sepeda motor, sepeda dan becak relatif lebih jarang.
- aktivitas anak kalau malam hari relatif lebih sedikit, (paling makan malam
plus susu) malam hari kan tidur.
- tidak panas di jalan (terik matahari siang)
- lalu lintas tidak sepadat siang hari
- sedikit yg minta sumbangan˛ di sepanjang pantura
- tidak ketemu pasar tumpah.
- kerja mesin menjadi lebih ringan, dibanding jalan siang (ini menurut
oendapat saya pribai lho)
Kelemahannya :
- ketemu bus malam dan truk barang (hati˛) yg paling banyak di pantura dan
nekat˛, tetapi lepas tanjung ke arah prupuk, relatif berkurang.
- mungkin agak sedikit kurang aman karena malam hari, kalau ada apa˛
kendaraan kan bengkel pada tutup, asal dipastikan kendaraan dalam keadaan
sehat/prima.

Kalau rute, biasanya saya lewat :

Jakarta - tol Cikampek - pantura - pertigaan celeng (Loh Bener), ambil ke
kanan ke arah Jatibarang -> terus ke palimanan - menuju pintu tol palimanan,
awas di sini bapak ambil jalur yg ke kiri, kalau ke kanan bisa˛ sampai
Bandung -> keluar di tol kanci (bayar 2500+2500) masuk Losari - Tanjung nah
pas disini bapak,
bisa ambil yg ke arah prupuk (patokan di sebelah kanan ada rel KA dan di
sebelah kiri ada kantor polisi), jalannya lumayan bagus dan sepi , terus
naik ke arah bumiayu - ajibarang - wangon - gombong - purworejo - wates -
Jogja.

Kalau sampai di pertigaan celeng (Lohbenar) hari sabtu antara pagi jam
06:00 - 14:00, sebaiknya bapak jangan lewat jatibarang - palimanan, ada
pasar tumpah Tegal gubug disana, macetnya bisa berjam˛ (berdasarkan
pengalaman).
Lebih baik anbil kiri Indramayu terus karang ampel - kota cirebon (lewat
plabuhan cirebon) terus sampai losari dan lanjut ke tanjung.

Tempat makan saya tdk ada referensy di sepanjang pantura, yg saya tahu di
Purwokerto dan Jogja, itu juga berdasarkan info dari milist in ijuga.

Semoga membantu dan selamat jalan, hati˛ di jalan ya pak.

salam
Papanya Rara