Transkrip Wawancara Kantor Berita Radio 68H dengan Ahmad Syafi'i Maarif,
Ketua Umum PP Muhammadiyah

Selasa, 28 Januari 2004

Tak perlu kain kafan untuk mengubur jenazah korban tsunami di Aceh
Hentikan hura-hura di perayaan Tahun Baru

Pewawancara : Alif Imam

Warga Aceh kesulitan untuk mengubur mayat korban tsunami sebab persediaan
kain kafan sudah habis.  Apa yang bisa anda sampaikan untuk warga di Aceh?

Kondisinya sangat darurat, keadaan mayat sudah ribuan. Jadi jangan lagi
terpaku dengan kain kafan yang berwarna putih. Bisa saja menggunakan selimut
atau pakaian untuk mengubur jenazah. Ini pendapat pribadi, tujuannya supaya
jangan membusuk mayat itu.

Jadi begitu ditemukan langsung dikuburkan?

Dimandikan dan disholatkan, dan jangan terpaku dengan kain kafan berwarna
putih. Sebab kalau tidak, mayat itu akan membusuk. Itu akan menimbulkan
persoalan lain lagi.

Untuk identifikasi, mengingat masih banyak keluarga yang belum berhasil
menemukan sanak keluarganya?

Saya tidak tahu tim teknis yang berada disana, memang harus turun dari
Jakarta dan kota lain untuk membantu tim medis yang ada disana. Saya dengar
juga, bantuan sudah menumpuk di Medan, tapi transportasi jadi masalah. Jadi
saya pikir, negara harus turun tangan betul. Dan tidak boleh ada lagi
pemisahan antara Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Angkatan Udara, sebab
mereka yang punya fasilitas untuk itu. Ini harus gerak cepat.

Bagaimana dengan rakyat Aceh yang mayoritas taat dengan Islam?

Dalam keadaan darurat semuanya jadi longgar.  Umpamanya anda pergi ke hutan,
kalau tidak ada makanan lagi, daging babi hukumnya jadi halal. Itu bisa
dipakai analogi untuk kain kafan tadi.

.

Kondisinya gawat sekali, mudah-mudahan pemerintah akan peka betul terhadap
itu.

.

Sekaligus, saya menghimbau untuk perayaan tahun baru nanti, agar dihentikan
hura-hura, demi menunjukkan solidaritas sosial kepada bencana yang dahsyat
yang menimpa saudara kita di ujung Sumatera.

Panitia Natal Nasional mengumumkan membatalkan acara perayaan dan
mengalihkan untuk solidaritas untuk aceh.

Itu bagus, Bahkan besok malam ada ulang tahun Kardinal, mereka sudah pesan
saya sebagai pembicara, dan agar ulang tahun ini dikaitkan dengan bencana
aceh.

Seruan lain kepada warga bangsa ?

Supaya semua warga bangsa menatap musibah Aceh ini sebagai bagian dari
persoalan mereka. Menjadikan Aceh sebagai bagian dari kita. Itu perlu
ditumbuhkan. Selain itu kuburkan cepat yang sudah meninggal diterjang
Tsunami.

.

Prihatin, dan kalo biasanya untuk hura-hura mengeluarkan biaya, sekarang
difokuskan, ditujukan untuk warga Aceh. Walaupun persoalan lainnya muncul,
misalnya apakah bantuan akan sampai ke alamat? Ini persoalan, tapi
bagaimanapun juga menurut saya, solidaritas sosial harus kita tumbuhkan.

Bantuan yang tidak sampai, lenyap di tengah jalan? Untuk kasus Aceh ini
pengamatan Anda bagaimana?

Kekuatan masyarakat perlu dilibatkan. PP Muhammadiyah misalnya sudah
bergerak kesana. Walaupun sebagian warga Muhammadiyah termasuk yang ditimpa
musibah ini.  Saya sudah kontak kepala Dinas Syariah. Dan lain lain juga,
LSM harus menunjukkan bahwa persoalan Aceh ini betul-betul sangat darurat
dan sangat mencekam.

Anda sudah punya rencana untuk berangkat kesana?

Besok PP Muhammadiyah akan kesana, Dien Syamsudin yang kesana. Saya
kemungkinan menyusul, sebab masih ada acara lain.