Halo mbak,

Saya setuju tuh, fisioterapi gak ada serem2nya sama sekali.   Anak saya waktu
itu sekitar 10 bulan umurnya, batuk udah hampir sebulan.  Sebetulnya sama
dokter udah dr awal disuruh fisioterapi karena banyak lendirnya, tapi saya
tunda2 terus karena denger2 cerita orang yg kayaknya menyeramkan.  Maklum kalo
di fisioterapi anak pasti nangis2 berontak.   Akhirnya.. wah.. sampai dia gak
bisa tidur dan susah bernapas karena kebanyakan lendir, terpaksa deh
difisioterapi.. dan hasilnya... wah luar biasa deh... langsung dahaknya
mengencer dan keluar, dan gak lama 2-3 hari sembuh.    Nyesel deh, tau gitu
dari awal difisioterapi kan cepet sembuh ya.

Waktu itu saya difisioterapinya selain di uap, juga ditepuk2 punggung dan
dadanya, juga disinar.  Berontak dan jeritnya sih jangan ditanya.... bayi 10
bulan aja, ada 3 orang yg megangin (saya, suster dan 1 orang lagi).  Dan kata
susternya juga, makin nangis makin bagus, berarti dia makin menghisap uap
karena anak kecil belum bisa mengkoordinasikan pernapasannya dia... gitu..
Waktu itu cuman 3 kali fisioterapi cukup, minimal sih 2x kata susternya.

Ohya dulu saya di RS. ONgko di Pulomas, dan disitu kita mesti juga beli selang
dan masker baru (ktnya biar lebih steril)... 50 ribu harganya kalo gak salah
selain obat dan fisioterapi itu sendiri.

Semoga membantu.....

Eva_Zulvia <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Mau sharing aja, anak saya (udah 2 tahun)
pernah diinhalasi di RS Bunda,
prosesnya nggak serem koq. Pada hidung anak ditempeli (dipegang sendiri
sama orang tuanya) dengan semacam masker yang berisi uap obat, nggak
dipasang hanya sekedar nempel. Uap tsb akan masuk ke hidung (tersedot anak).
Kalo anaknya nangis, uap yang tersedot semakin banyak (sebaiknya memang
nangis). Tapi inhalasi ini nggak bisa sekali, harus beberapa kali,
tergantung
dokternya. Setelah penguapan itu memang lebih cepat sembuh. Biayanya
juga nggak terlalu mahal, untuk obat sekitar Rp 60.000 (beberpa kali pakai)

Eva