CMV = Citomegalo Virus, biasanya dari makanan yang dikonsumsi setengah
matang (telur direbus 1/2 matang), steak unwell done, ataupun lalap
sayur/buah yang tidak bersih dicuci dan sudah terkontaminasi.

Waktu kehamilan pertama saya kena CMV, dan umur kandungan 2 1/2 bulan
keguguran. Setelah keguguran, dicek darah dan janin yang gugur di PA
(pathology anatomi) dan positif CMV. Dikasih obat sama dokter untuk
meng non aktifkan virus tsb. Tapi virus tetap ada, dan kalau mau
hamil, sebaiknya dicek kembali, karena (kata dokternya) pada saat
terjadi pembuahan biasanya virus mulai aktif lagi.

Begitu mbak...