Pak Dadang...
Setauku secara medis gak ada hubungannya...

Kalo menurut DSA Kavin pertumbuhan gigi ada banyak
faktor yg mempengaruhi a.l asupan kalsium anak itu
sendiri bisa juga pengaruh asupan kalsium saat ibu
hamil; faktor keturunan juga bisa misal gusi yg tebal
karna turunan ortu juga bisa mempengaruhi; stimulasi
pake maenan gigit2anjuga kadang mempengaruhi juga....

Kalo kecepatan jalan itu juga balik ke anak itu
sendiri... terutama kekuatan motorik kaki (bisa
distimulasi juga).... selain itu juga kebiasaan ortu,
misal anak yg sering digendong jadi malas bergerak
sehingga jalannya lebih lambat.......

Kalo istilah berbanding terbalik menurutku itu mitos
dari ortu2 dulu.... katanya malah ada 3 jalan, omong,
gigi... kalo satu ada yg cepet 2 yg lain lambat.....
But bener gaknya mitos itu tergantung kepercayaan
kita....

Sekedar sharing aja... Kavinku mo 9 bln tgl 10 Jan
besok skarang dah bisa rambatan ngelilingi meja n
manjat2....  kadang titah juga....omong juga
criwis...giginya 3..... Aku sih gak permah masalahin
mana yg cepet mana yg terlambat patokannya ya KMS n
catatan patokan  perkembangan baby dari internet or
buku Puji Tuhan normal !!

Segini aja masukan aku mungkin ada yg lain mo
nambahin...

Rgrds,
Uci mamaKavin

http://mail.yahoo.com