Bu, gonta ganti pengasuh sih saya rasa tidak membuat si anak jadi stress,
asalkan para  pengasuh tsb memperlakukan anak dengan wajar.
Justru yang membuat si anak stress adlah perlakuan yang tidak wajar itu,
misalnya sering dicubit, dipaksa-paksa makan (dicekok), dimarahin dgn kata2
kasar, dsb.
Anak saya sekarang usia 3 thn, sejak usia 4 bulan - 2,5 thn sering gonta-ganti
pengasuh.
Alhamdulillah,  para pengasuh tsb keluar kerja bukan karena saya pecat karena
berlaku tidak baik thd anak saya, tapi semuanya keluar baik-baik... : mau jaga
nenek di kampung, mau kerja dipabrik, anaknya sakit, dll. Tiap ganti pengasuh,
Alhamdulillah anak saya tidak rewel, cepat akrab dan nurut pada mereka.
Saat ini anak saya tidak pakai pengasuh khusus, berhubung kami masih tinggal di
rumah ortu, maka urusan anak saya di handle ortu & dibantu oleh pembantu
rumtang.

Jadi intinya adalah : keikhlasan si pengasuh dalam menjaga anak kita. Memang
susah untuk kita tahu : ikhlas atau tidak ikhlas?

Usul saya, selama anak di asuh oleh pengasuh, usahakan ada anggota keluarga
yang ikut menjaga, agar pengasuh tidak bisa seenaknya terhadap anak kita.

Mudah2an membantu yah Bu...

salam, Opi- Mama Syifa

[EMAIL PROTECTED] wrote:
Moms & Dad
Saya mohon sharingnya ya...
Saya mempunyai bayi usia 9 bulan. dalam rentang waktu tsb udah 2 kali
ganti pengasuh karena pengasuhnya yang pertama enggak jujur dan yang
terakhir ini pengasuhnya kasar temperamentalnya dan pernah cubit anak
saya.sekarang baru seminggu udah minta pulang . karena ngak kuat jaga
malam buatin susu klu anak saya bangun. permasalahannya adalah apakah anak
saya ngak stres karena gonta-ganti pengasuh gitu ya? karena kondisi
pekerjaan saya yang jauh sehingga dalam sepuluh hari kerja (on) saya libur
05 hari (off) dmana selama on di field tsb< anak saya tidur dengan
pengasuh> baru setelah saya off< anak saya tidur kembali dengan saya>
begitulah seterusnya.

help me dong>>>>

salam
nuri