saya posting lagi ttg penyakit2 pada umumnya yang sering di derita balita
serta cara pencegahannya. diambil dari rangkuman cermah dr purnamawati
maaf buat yg udah sering terima....

COMMON PROBLEMS IN PEDIATRICS
  Purnamawati S Pujiarto, Dr SpAK, MMPed

  BERBAGAI MASALAH KESEHATAN YANG UMUM TERJADI PADA BAYI DAN ANAK.

  Selain demam, alasan terbanyak anak dibawa ke dokter adalah batuk pilek,
radang tenggorokan, dan diare. Orang tua panik, anak memperoleh berbagai
macam obat yang belum tentu diperlukan, yang belum tentu tanpa efek samping.
Sedihnya lagi, kondisi tersebut juga paling potensial untuk diterapi dengan,
antibiotik, padahal sebagian besar penyebabnya adalah virus, yang tidak bisa
"dilawan" oleh antibiotik.

  RADANG/INFLAMMATION - ITIS

  Radang atau inflamasi artinya merah, bengkak, dan sakit. Radang
tenggorokan, artinya tenggorokannya merah, sakit, dan mungkin agak
membengkak (amandelnya).

  - Radang bisa karena infeksi tetapi bisa juga bukan infeksi. Radang akibat
infeksi dapat dibagi dua radang karena kuman atau radang karena virus.

  - 85% radang tenggorokan pada bayi/anak disebabkan oleh infeksi virus

- tidak perlu antibiotik.

- Radang bukan infeksi misalnya alergi, Trauma, Autoimmun,
Teething, dll. Kesemua nya, tidak dapat diobati dengan antibiotik. Upaya
terbaik mengatasi alergi adalah avoidance - mengurangi kemungkinan exposure
hal2 yang bisa menimbulkan alergi (debu, karpet, binatang berbulu,
mainanberbulu, AC, makanan tertentu dengan pewarna, pengawet, perasa
sintetik, permen, sea food).

  FEVER

  1. Cari penyebab timbulnya demam; pada anak penyebab utamanya adalah
infeksi virus.

  2. waspadai kemungkinan terjadinya komplikasi dehidrasi.

  3. Selama infeksi masih berlangsung, memang harus ada demam. Beri minum
lebih banyak dari biasanya.

  Kapan  orang tua harus menghubungi dokter?

  .  Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh ³ 38C

  .  Bila bayi berusia 3 - 6 bulan dengan suhu tubuh ³ 38.3C

  .  Bayi dan anak berusia > 6 bullan, dengan suhu tubuh ³ 40C

   . Sama sekali tidak mau minum atau sudah dehidrasi; Gelisah,
muntah, diare

  . Iritabel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan

  . Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)

  . Kejang; Kaku kuduk leher; Sakit kepala hebat

  .Sesak napas

  Ingat: DO NOT TREAT LOW GRADE FEVER (< 38.3C)

  COLDS AND FLU

  Penyebabnya infeksi virus. Umumnya berlangsung selama 5 hari (3 - 14 hari
rentangnya) tergantung daya tahan tubuh dan tergantung ada tidaknya
penderita flu di rumah atau di sekolah. Tidak ada obat untuk meningkatkan
daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh anak terhadap infeksi virus flu akan
meningkat sejalan dengan waktu

  Tatalaksana:

  - Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit2.

  - Supaya "ingus" tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam
steril sebagai tetes hidung. Menghirup uap air panas juga banyak
membantu.

  - Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan berAC. Kalau
perlu, taruh satu ember berisi air mendidih setelah anat tidur.

  - Paracetamol - bila bayi/anak uncomfortable atau high fever (>38.5)

  - Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada alergi yg
mengenai hidung, anak juga akan "meler" tetapi anak tidak demam, tetap aktif
bermain.

  Pencegahan: Sering cuci tangan, hindari kontak erat dengan penderita
flu,jaga kebersihan rumah terutama sehabis penderita flu atau bersin dan
batuk, haru di lap bagian permukaan peralatan rumah tangga atau lantai
kamarmandinya.

  Kapan menghubungi dokter?

  -   Bila mengalami demam > 72 jam atau bila batuk terus menerus

  -   Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru

  -   Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)

  Ingat: Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi dan anak

  SORE THROAT/PHARYNGITIS (Radang tenggorokan dan infeksi amandel)

  Penyebabnya umumnya infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri - self
limiting; dan samasekali tidak memerlukan antibiotik
  Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus
dan umumnya menyerang anak usia 4 - 7 tahun. Dengan catatan, diagnosisnya
harus berdasarkan biakan usap tenggorok

  Tatalaksana

  a)Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di
tenggorokan. Kalau anak sudah besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau
mengisap lozenges. Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol

  b)Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan menghirup
uap panas.

  COUGHS

  Batuk adalah mekanisme tubuh yang membantu kita mengeluarkan segala
sesuatu yg mengganggu saluran napas kita, misalnya, lendir/ "slym,m" benda
asing yang tersedak (susu, kacang, air dll).  Yang terpenting, mencari tahu
apa pencetus batuk.  Infeksi kah atau bukan infeksi. Pada anak, batuk
umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.

    Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu
bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila
dirumah ada anak lain yang lebih besar atau yang juga sedang sakit. Batuk
karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus
alerginya tidak diatasi.

  Tatalaksana  - Upayakan untuk mengurangi produksi lendir:

  - Minum banyak yang hangat misalnya lemon

  - Jangan ada asap rokok

  - Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air
panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air
panas mendidih, atau pasang humidifier)

  Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi

  Ingat:
  .     kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik

  .     Jangan beri obat untuk menekan refleks batuk (Codein),
  Pada dasarnya, tidak ada yang namanya obat batuk itu. Juga tidak ada obat
pencair dahak. Cari pencetusnya
  BRONCHITIS ("INFEKSI" SAL NAPAS)

  Penyebab tersering adalah alergi (Allergic rhinitis, asthma, environmental
exposures). Bisa juga karena sinusitis, refluks, reaksi obat, kelainan
bawaan saluran napas, tersedak "benda asing", pneumonia (virus, jamur).
Mohon diingat - pneumonia belum tentu karena infeksi bakteria. Jadi  - belum
tentu perlu antibiotik. Gejala yang tersering adalah batuk lama

  Tatalaksana

  -  Mencari penyebab. Bila karena alergi - modifikasi lingkungan
sekitar untuk mengurangi eksposur pada anak

  -  Humidifikasi

  -  Ekstra cairan, dll

  Dengan demikian, kalau anak kita dinyatakan menderita bronkitis, kita
harus segera berpikir bahwa itis di sini artinya radang - inflamasi.
Penyebabnya belum tentu infeksi bakteri - mayoritas bronkitis pada anak
tidak perlu antibiotik.

 EAR INFECTION

  Penyebabnya  umumnya adalah infeksi virus, dan u mumnya terjadi s
etelahanak mengalami flu. Kadang-kadang juga ada kaitannya dengan masalah
gigi.

  Gejala:
  . sakit telinga (biasanya 1 sisi), demam, pilek dengan hidung buntu,rewel,
telinga di-tarik2, nafsu makan menurun

  . Kadang2 tampak cairan kuning keluar dari telinga, kadang2
juga anak mengalami sedikit gangguan pendengaran

  Tatalaksana
  - Penghilang rasa sakit
  - Posisi tegak/upright position,
  - Jangan ada yang merokok
  - Jangan mimum susu dari dot-botol sambil tiduran
  - Air hangat di botol, bungkus kain perca, taruh di atas telinga
  - Kalau perlu minum obat decongestant (mnengurangi hidung buntu)

  Pencegahan: berikan ASI selama mungkin

  ANTIBIOTIK atau KONTAK DOKTER
  - Bila berkepanjangan, lebih dari 2 minggu atau

  - Bila infeksi berat dan anak kesakitan hebat

DIARE - MUNTAH

  Pada dasarnya, diare dan muntah adalah upaya tubuh untuk mengeluarkan
racun dan mengeluarkan virus/kuman. Tidak perlu memberikan obat anti
muntahatau obat untuk "mampet"kan diarenya. Obat-obat semacam ini dapat
megurangi/menghentikan gejala diare/muntah tetapi tidak dapat mengobati
penyakitnya. Perbaikan tersebut bersifat "semu". Kita bisa terkecoh, seolah
anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung. Selain itu, obat2
tersebut juga bukan tanpa risiko efek samping.

PENYEBAB: pada anak terutama bayi, umumnya disebabkan oleh virus. Penyebab
lainnya adalah food posoning, alergi makanan, dan pemakaian
antibiotik

TATALAKSANA - CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak

ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti pedialit
atau oralit   Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi, kalau perlu,
untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi

Kapan menghubungi dokter?   Ada darah di tinja

Tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering
Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan
Lemas, layu

PRINSIP:

   Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja
berdarah (butuh evidence/lab). Antibiotik justru akan memperparah diarenya
dan akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida   Jangan
minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan, motilium,juga tidak
perlu minum Kaopectate, smecta, ensim, lacto b
  Pada diare akut, tdk perlu mengganti susu formula.

    INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!

  KONSTIPASI
  PENYEBAB: utamanya adalah pola perilaku khususnya pola konsumsi makanan.
Pola makan kita dulu sarat dengan sayur dan buah (serat), sekarang beralih
ke fast food yang bukan hanya rendah serat, tetapi juga tinggi garam dan
lemak. Penyebab lainnya adalah:

   1. Kurang minum
   2. Ignoring the urge (anak mengacuhkan rasa ingin buang air besar dan
justru menahannya)
   3. Kurang gerak/olah raga, banyak duduk)

  Penyakit: Hypothyroidism (kelenjar gondok kurang berfungsi, jarang,
adagejala lain sejak bayi seperti retardasi mental), retardasi mental

  GEJALA:

 1. Sakit perut, melilit, mules, kembung  Nafsu makan menurun Rewel
 2. Celana dalam ada berkas tinja (Soiled underwear)
 3. Tinja keras, tinja ada goresan/bercak darah (Large/blood streaked
stools)
 4. Sering buang air kecil

  TYPHUS

  Sebenarnya, tifus tdk tergolong kondisi yang sering terjadi pada anak.
Namun demikian, kondisi ini sering sekali didiagnosis ("gejala
tifus"/verdacht typhus"). Padahal seharusnya, jelas dan tegas, tifus atau
bukan.

  Bagaimana dan kapan kita menegakkan diagnosis tifus?

  Curigai bila anak (bukan bayi karena tifus ditularkan memalui makanan dan
minuman yang tercemar; bayi masih mengkonsumsi ASI.formula, makanan
rumah)demam  >5 hari.

  Diagnosis: pemeriksaan laboratorium biakan empedu (Gal culture) bukan
pemeriksaan widal. Di negara endemis seperti Indonesia, pemeriksaan widal
hampir pasti akan positif tetapi tidak otomatis menyatakan yang bersangkutan
sedang menderita infeksi tifus.

  TBC

  Kondisi yang juga sering salah didiagnosis. Angka kejadian infeksi TBC di
Indonesia memang tinggi, tetapi itu bukan berarti - sedikit-sedikit TBC.
Anak yang kurus, yang kurang nafsu makan, anak yang batuk-batuk, sering
dicap "ada vlek" di paru2nya. Padahal mendiagnosis TB tidak sesederhana ini.
Di lain pihak, kalau memang anak kita TBC, perlu diterapi dengan benar agar
kuman TBC benar2 bisa dieradikasi dari tubuh kita. Yang sering terjadi:

  anak mendapat obat TBC tanpa dasar diagnosis yang jelas

  obat TBC tersebut tidak diberikan dengan benar (jenis obat, jumlah obat,
dosis, lama pemberian).

  Selalu second opinion, karena: diagnosis TBC tidak mudah, dan sekali anak
didiagnosis TBC - konsekuensinya banyak - harus mengkonsumsi obat2 anti
untuk jangka panjang, padahal obat-obatan tersebut sangat berat`- potensial
untuk menimbulkan gangguan hati.

 HOSPITALIZATION

 Indikasi rawat inap harus kuat yaitu:
  -          Tidak sadar,

  -          Kejang berulang

  -          Sesak napas

  -          Dehidrasi berat

  -          Membutuhkan obat yang harus diberikan ke pembuluh darah

  Bagi anak, rawat inap di rumah sakit bukan hanya menyebabkan taruma
kejiwaan tetapi juga menghadapkan anak kepada risiko tertular INFEKSI
NOSOKOMIAL (infeksi akibat kuman rumah sakit, dari pasien lain) padahal,
kuman di rumah sakit jauh lebih "GANAS" dibandingkan kuman di rumah.Mengapa?

  Di Rumah sakit, kita terlalu banyak mempergunakan antibiotik dan umumnya
yang dipergunakan adalah antibiotik yang "kuat". Dengan demikian, kuman di
rumah sakit banyak yang sudah resisten (kebal) terhadap berbagai macam
antibiotik (superbugs). Kuman di rumah jauh lebih "jinak".

  THE LIVER AND THE DRUGS

  Apa yang terjadi dengan obat yang kita konsumsi? Obat harus
menjalaniserangkaian proses metabolisme di hati. Prosesnya dua tahap. Di
antara keduatahapan tersebut, dihasilkan suatu zat antara yang bersifat
toksik (beracun). Hal inilah yang   dapat menyebabkan timbulnya
kemungkinankerusakan hati akibat obat.

  Makin banyak obat, makin besar kemungkinan terjadinya efek
samping(termasuk kerusakan hati). Sebagai contoh adalah gabungan beberapa
obat dalam satu puyer. Ibu umumnya tidak menyadari bahwa puyer tersebut
terdiri dari beberapa obat. Tidak tertutup kemungkinan obat-obat tersebut
saling berinteraksi.

  Siapa yang potensial terkena efek samping obat? Yang berusia sangat muda
dan yang lanjut usia

  Bagaimana mengurangi risiko terkena efek samping obat?

  1. Pada dasarnya, obat itu "racun" sehingga potensial menimbulkan efek
samping. Konsumsi obat hanya bilamana benar2 diperlukan. Dengan
demikian,hindari polypharmacy.

  2. Antibiotik bukan obat yang bisa menyembuhkan semua penyakit,
ataumenyembuhkan semua gejala (mulai dari demam, diare, batuk, pilek, radang
tenggorokan, alergi, dll).

  WHAT ARE ANTIBIOTICS

 Antibiotik adalah obat untuk membunuh infeksi bakteri (ANTIBIOTIK TIDAK
DAPAT MEMATIKAN VIRUS).

  Antibiotics = Against Life. Artinya antibiotik adalah suatu zat yang
sifatnya mematikan kehidupan dalam hal ini, mematikan kuman.

  APA BAHAYA PEMBERIAN ANTIBIOTIK YANG MEMBABI BUTA?

  Setelah pemakaian antibiotik selama beberapa dekade, ternyata bermunculan
banyak bakteri yang resisten (kebal) terhadap antibiotik. Hal ini
membuktikan bahwa pemakaian antibiotik yang tidak rasional/membabi buta,
justru akan merugikan pasien dan khalayak luas. Antibiotik merupakan
satu2nya obat yang memiliki dampak sosial yang besar.

  Contoh. Anak X sering memakan antibiotik setiap kali demam atau
pilek.batuk, diare. Cepat atau lambat, kuman-kuman di sekitar X menjadi
kebal terhadap berbagai antibiotik.  Bila kuman yang resisten terhadap
antibiotik tersebut menyerang anak Y, maka anak Y otomatis juga turut
dirugikan, bukan hanya anak X.

  Antibiotic resistance dapat membahayakan jiwa dan memperberat kondisi dan
penderitaan si pasien yang mungkin infeksinya sebenarnya tidak berat tetapi
kumannya tidak dapat dibunuh oleh berbagai antibiotik (padahal sebelumnya,
infeksi kuman ni dengan mudah dapat diatasi). Kuman yang kebal terhadap
antibiotik ini -berkembang biak dengan cepat, menyerang anggota keluarga
lainnya, tetangga, teman sekolah, teman kerja - mengancam seluruh komunitas.
Lingkungan terancam infeksi oleh kuman jenis baru, yang sudah berubahm
bentuk, yang lebih ganas, kuman yang sulit dibunuh oleh antibiotik.

  THE TROUBLE WITH ANTIBIOTICS
  F  Pemberian antibiotik yang berlebihan menyebabkan kuman yang tidak
terbunuh mengubah diri (mutasi) menjadi "superbugs" yang tidak mempan
dilawan antibiotik.

  F  Superbugs ini memerlukan antibiotik yang jauh lebih kuat, pasien harus
dirawat di rumah sakit karena antibiotik harus diberikan melalui selang
infus. Antibiotik super kuat ini berisiko menimbulkan efek samping yang
lebih berat.

  F  Dampak negatif kedua adalah terbunuhnya "kuman baik" di dalam tubuh
kita. Tempat yang semula dipakai oleh kuman2 ini menjadi vakum dan
kekosongan ini diisi oleh kuman  "jahat" atau jamur. Kondisi infeksi ini
disebut sebagai "superinfection".

  F  Semakin lama/sering makan antibiotik semakin besar risiko terbentuknya
superbugs, dan superinfection, dan SEMAKIN SERING KITA SAKIT.

  Antibiotik adalah sumber alam karunia Tuhan yang harus dipergunakan
secarabijaksana. Antibiotik menyelamatkan kita, kita harus "menyelamatkan"
merekadari "kepunahan".

  APPROPRIATE ANTIBIOTIC USE

  Penelitian membuktikan setiap harinya, telah diresepkan jutaan antibiotik
bagi pasien infeksi virus.  Suatu kekeliruan yang sangat besar. Beberapa
alasannya:

  -  pasien  meminta obat yang cespleng - apa saja - termasuk antibiotik
,kalau perlu antibiotik yang superkuat

  -  bagi dokter, jauh lebih mudah menulis resep dibandingkan harus bersusah
payah memberi penjelasan, menenangkan orang tua.

  Pada tabel tertera beberapa kondisi yang umumnya disebabkan infeksi virus
dan tidak memerlukan antibiotik.

        ILLNESS ANTIBIOTICS?

        Cold - Flu
       NO

        Runny nose - green yellow
       NO

        Sore throat*
       Mostly NO

        Sinusitis*
       NO, some yes

        Bronchitis*
       NO

        Fluid in the middle ear
       NO

  HOW TO BE A GOOD HEALTH CONSUMER
  Selalu pertanyakan: Does MY child really need the drug?

  Hal lain yang selanjutnya perlu dilakukan adalah:

  . Hitung jumlah obat yang diberikan kepada anak. Bila dalam bentuk puyer,
hitung jumlah baris dipuyer - yang mencerminkan jumlah obat (bila bingung,
tanya ke ahli farmasinya

 . Selalu membuat foto kopi resep dan diarsip dengan baik.

 . Konsultasi ahli farmasi. Tanyakan obat apa saja (mintaagar ditulis nama
obat satu persatu), apa mekanisme kerja obat2 tersebut, apakah ada
antibiotik, berapa antibiotik yang diberikan, bagaimana interaksi
obat sebanyak itu.

  . Beritahu dokter bila anak anda sedang mengkonsumsi produk herbal,
suplemen, obat tradisional. Obat2 tersebut mungkin saja berinteraksi dengan
zat2 tambahan tersebut.

  Intinya:

  1. Hindarkan polifarmasi - mengkonsumsi obat sesedikit mungkin.

  2. Antibiotik bukan "magic saver. Hanya keadaan tertentu saja yg
memerlukan antibiotik. Dan Mayoritas penyakit pada anak - disebabkan oleh
infeksi virus, yg samasekali tdk membutuhkan antibiotik.