Bunda azwa,

Mo sharing aja nih,.. kebetulan Adel sejak kecil ga takut ama orang
sampe skrg (umur 17 bulan),... padahal kami (bunda+ayah)nya kerja dan
setiap hari Cuma sama BS nya.
Mungkin yg bisa diterapkan spt :
1. ada jam2 tertentu (biasanya sore hari), aku minta BS nya untuk ajak
Adel main dgn teman2 sebayanya or balita (umur 3-5 th) di lingkungan
perumahan kami. Ato mengajak mereka untuk main ke rumah ... shg melatih
dia untuk bersosialisasi
2.  minimal 2 minggu sekali kita kerumah mertua (nenek+kakek) nya untuk
bersilaturahmi dan mendekatkan adel dgn kakek + nenek + tante2nya.
3. hampir seminggu 2x nenek + kakeknya dateng ke rumah untuk bermain dgn
adel (meskipun kami pergi bekerja)
4. membiasakan adel untuk mengucap salam + salim (mencium tangan) kepada
kita orangtuanya, dan tamu (terutama tetangga or sodara yg datang
kerumah). Shg dia tidak merasa asing dgn mereka.
5. sering diajak bersilaturahmi kemana aja ...

semoga bisa membantu yach .... soalnya hal tsb saya terapkan ke adel dan
alhamdulillah dia jadi anak yg berani dan tidak pemalu untuk umur
seusianya :)
dan satu lagi buat masukan aja sebaiknya emang tidak dibiasakan
digendong deh mba ... karena justru kurang baik buat anak. Jadi tidak
mandiri dan susah diajarkan sosialisasi nantinya ...

maaf yach kalo kepanjangan .........

Best regards,
Hanny

currently in :