maaf baru reply dari kemarin sibuk banget nih kerjaannya...

makasih banyak ya moms... terutama untuk mbak intan, mbak melisa, mbak
hanny, mbak sulis dan yanti...

sampai sekrg putra masih susah BABnya.. padahal saran2 dari moms udah aku
coba semua..

mungkin alternatif terakhir bawa dia ke dokter pencernaan..

soalnya kasian juga setiap mau pup nangis terus..

oke moms sekali lagi makasih atas sharing, saran dan infonya..

bye..

"Sekr. RM Jatim (Sulistyawati)" <[EMAIL PROTECTED]>
01/12/2005 10:49 AM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
RE: [balita-anda] Susah BAB to MBA MEITA

Aku setuju dengan Intan, kalo terjadi konstipasi lebih baik perbanyak
makan
buah, pepaya justru lebih bagus, nggak usah pake ngencerin susu atau ganti
susu.

Berikut artikel mengenai konstipasi

KONSTIPASI

PENYEBAB: utamanya adalah pola perilaku khususnya pola konsumsi
makanan.
Pola makan kita dulu sarat dengan sayur dan buah (serat), sekarang
beralih
ke fast food yang bukan hanya rendah serat, tetapi juga tinggi garam
dan
lemak. Penyebab lainnya adalah:
-      Kurang minum
-      Ignoring the urge (anak mengacuhkan rasa ingin buang air
besar dan
justru menahannya)
-      Kurang gerak/olah raga, banyak duduk)
-      Penyakit: Hypothyroidism (kelenjar gondok kurang berfungsi,
jarang, ada
gejala lain sejak bayi seperti retardasi mental), retardasi mental

GEJALA:
.      Sakit perut, melilit, mules, kembung
.      Nafsu makan menurun
.      Rewel
.      Celana dalam ada berkas tinja (Soiled underwear)
.      Tinja keras, tinja ada goresan/bercak darah (Large/blood
streaked stools)
.      Sering buang air kecil

Sulis
PT. BENTOEL PRIMA