Date: 01/17/05 12:05:30
Subject: RE: [balita-anda] sedih ditinggal bs lama

Mba caecilia,

Cuma mo sharing aja nih,.. saya baru ganti BS/mbak 2 bulan yll, dan saya
juga mengalami hal yg sama,... dan itu menjadi pengalaman kami
sekarang,.. so, kami pikir bahwa memang tidak baik jika kita terlalu
banyak menyerahkan kepada BS untuk mengasuh anak, karena akan
mengakibatkan ketergantungan anak yg mgkn bisa berlebihan.... so, ketika
kami memulai dg BS yang baru, kami coba terapkan beberapa hal untuk
menghindari ketergantungan anak kepada BS :
1. anak diasuh oleh BS hanya ketika kami bekerja/tidak berada di rumah.
2. nenek/kakeknya hampir 2x datang ke rumah, meskipun hanya untuk
bermain sambil mengawasi.
3. ketika kita dirumah (sblm berangkat or pulang kerja), segala
kebutuhan anak sebisa mungkin kita sendiri yg tangani. So, lebih banyak
waktu kita berinteraksi dgn anak akan lebih baik. Meskipun rasanya capek
setelah plg kerja, tp demi anak harus diusahakan untuk bermain, bercanda
dan menemani persiapan sblm tidur (sikat gigi, ganti baju bobok, berdoa
dan menidurkannya).
4. kalo akan pergi, sebisa mgkn BS tidak diikut sertakan, hanya
moment/acara2 tertentu saja dimana kita membutuhkan BS untuk membantu
mengasuh anak.
5. melarang BS untuk terlalu sering menggendong dan menidurkan (misal
bobok siang) or bermain di kamar BS/mbaknya, harus dikamar Anak sendiri
dan bermain di ruang bermain/keluarga.
Karena pengalaman saya dgn BS yg lama begitu, shg anak lebih senang
beraktivitas dikamar mbaknya- hal ini kadang diluar kendali/pengawasan
kita.

Alhamdulillah,.. skrg Adel (17 bulan) bisa membedakan kapan musti dgn BS
nya, kapan musti dgn bunda/ayahnya, hal2 diatas berusaha kami terapkan
untuk kebaikan anak dan mengingat sekarang ini kita tidak bisa
mengharapkan BS tersebut bisa ikut bekerja dgn kita dalam jangka waktu
yg lama.
Mungkin mereka mau menikah, ato mgkn pulang kampung dan tidak kembali
lagi.
Oleh karena itu, untuk menjaga kemungkinan kita akan ganti2 BS untuk
mengasuh anak kita.

Dan, pada saat minggu awal dgn BS yang baru, saya memang cuti beberapa
hari, untuk mengajari BS kebiasaan2 Adel sehari2, sambil memperhatikan
bgmn BS yg baru mengasuh Adel. Minggu pertama kalo saya berangkat kerja,
pasti diam2 ato petak umpet dulu, karena kalo ketahuan pasti Adel nangis
dan ga mau ditinggal. But, di minggu ke dua dia sdh bisa menerima BS yg
baru dan saya pun bisa pamitan (salim & cium) kalo akan berangkat kerja
:) rasanya lega dan senang sekali ....

Semoga bisa sedikit membantu, dan maaf jika tidak berkenan...

Best regards,
Hanny - Adel's mom => barugantiBSsejaklebarankemaren

currently in :
P.T. EUROGATE INDONESIA
Jalan Raya Bogor KM 41,2
Cibinong - Indonesia