mbak mel, spt yg udah aku tulis dibwh khan aku bilang kalo ada perbedaan
pendpat dr dsanya bs konsul ke dsa yang lain dan itu kembali kepd
keyakinan masing2 selain itu keterlambatan itu bisa ditolerir sampai batas
rentang imunisasi ttt.

aku sendiri sih memang sependpt ama mbak mel kalo emang imunisasi harus
sesuai dgn jadwal yang telah dibuat... namun ga ada salahnya juga kalo ada
bebrp parents yang ragu untuk membawa anaknya yang dalam keadaan sakit prg
untk imunisasi.. toh penundaannya juga ga dalam bulanan atau tahunan...?
masih ada batasan waktunya...? soalnya putra juga gitu... waktu imunisasi
agak terlambat, pernah masih sedikit sakit tapi pas diperiksa ama dsanya
kalo dia udah mendingan akhirnya tetep diimunisasi...

so spt yang aku bilang tadi semua kembali kpd keyakinan masing2 parents..
orang boleh berpendapat begini dan begitu tapi tentunya hanya kita para
parents dan dokter yang lebih mengetahui kesehatan anak kita dan apa yang
terbaik buat anak kita...

oke peace deh :)

"melisa" <[EMAIL PROTECTED]>
01/18/2005 12:56 PM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

<balita-anda@balita-anda.com>
cc

Subject
Re: Spam: [balita-anda] Batuk dan Flu boleh Imunisasi?

Mbak Meita,

Dokter seperti kita para parents, tentu hanya manusia biasa. Kesalahan dan
perbedaan pendapat itu lumrah dan manusiawi. Diantara begitu banyak DSA yg
menawarkan jasanya, tentunya kita harus selektif, mana yg kredibel.

Jadwal imunisasi itu dibuat bukan tanpa alasan. Keefektifan imunisasi itu
enggak akan berhasil tanpa mengikuti jadwal yg sudah diatur. Buat apa
dijadwalkan atau dibuat boosternya kalau kita bisa memberikan imunisasi
kapan-kapan aja?

Memang banyak parents yg ragu memberikan imunisasi saat anaknya sakit flu
atau batuk. Padahal kalau dilihat penyebab utama anak sering batuk pilek
itu
adalah alergi. So...enggak ada hubungan yg pasti dg keefektifan pemberian
imunisasi. Haruskan pemberian imunisasi terus ditunda sampai anak dalam
keadaan fit? Kalau alergi debu dan pilek2 terus selama satu tahun, berarti
enggak boleh divaksin setahun dong?

Imunisasi itu program dunia loh Mbak. Vaksin dan jadwal semua udah diatur
oleh WHO dan Unicef. Enggak main2 itu. Kita punya target yg dicapai.
Seperti
waktu Indonesia bebas Polio tahun 1995 (source:www.who.or.id) dan plan yg
akan datang ini mengurangi mortaliti penyakit campak thn 2003-2005
(source:
www.cdc.gov).

Maaf kalau tidak berkenan.

Melisa