Wah, kalo ini sama kasusnya kayak saya dulu :-p
Waktu umur 5 tahun saya ikut ortu yang kebetulan sekolah di Belgia, dan ibu
saya sempat bingung & ragu saat hendak mendaftarkan saya sekolah...
pasalnya, teman2 saya (yang sama2 org Indonesia) umurnya rata2 6-7 tahunan,
dan sudah pada masuk SD. Setelah konsul sama direktris (kepsek)-nya, setelah
ketemu dan ngajak ngobrol saya, beliau menyarankan supaya saya dimasukin
kelas 1 aja... toh kalau ternyata enggak mampu bisa diturunin lagi ke TK,
katanya.
Alhamdulillah sampai lulus S2 lancar2 aja semuanya (meski sempet malu juga
di kelas 1 cuman saya yang pernah ngompol di kelas!)
btw saya malah gak pernah ngerasain sekolah TK, dulu abis playgroup langsung
SD, syukur gak terlalu ngaruh sama EQ (kayanya sih, hihihi)
The moral of the story... ya disesuaikan aja sama kemampuan anaknya bu...
kalo dirasa sudah mampu (bisa konsul ke psikolog anak juga u/ pastinya, di
UI ada tuh) ya kenapa enggak :)

regards,
Hera