Mbak yenny,
Berikut saya masih simpan artikel yg pernah dimuat di milis BA:

Berikut artikel mengenai konstipasi

KONSTIPASI

PENYEBAB: utamanya adalah pola perilaku khususnya pola konsumsi
makanan.
Pola makan kita dulu sarat dengan sayur dan buah (serat), sekarang
beralih
ke fast food yang bukan hanya rendah serat, tetapi juga tinggi garam
dan
lemak. Penyebab lainnya adalah:
-      Kurang minum
-      Ignoring the urge (anak mengacuhkan rasa ingin buang air
besar dan
justru menahannya)
-      Kurang gerak/olah raga, banyak duduk)
-      Penyakit: Hypothyroidism (kelenjar gondok kurang berfungsi,
jarang, ada
gejala lain sejak bayi seperti retardasi mental), retardasi mental

GEJALA:
.      Sakit perut, melilit, mules, kembung
.      Nafsu makan menurun
.      Rewel
.      Celana dalam ada berkas tinja (Soiled underwear)
.      Tinja keras, tinja ada goresan/bercak darah (Large/blood
streaked stools)
.      Sering buang air kecil

Hope's help,
Tere-kevin's mom