mbak, boleh tanya, yang mau dilahirkan ini anak ke berapa ? pertama atau ke
dua?

Pengalaman saya pribadi ;
anak pertama saya normal & lahir normal, 3.4 kg
anak ke 2 saya sungsang tapi juga lahir normal, 3.2 kg
ke 2 nya lahir di Surabaya

dokter sebetulnya menyarankan untuk melahirkan caesar, tapi saya bersikukuh
tetap
ingin melahirkan normal (karena faktor biaya), dan juga sudah ada jalan bayi
(kata orang tua)
jadi bisa lebih gampang (katanya), tapi ternyata
untuk kelahiran ke-2 cukup sulit & lama prosesnya, selain kepala diatas,
posisi kaki ternyata nggak lurus,
tapi nyilang (mekangkang) di dalam perut. belum lagi ari2 yang ternyata
nempel di rahim (nggak mau keluar dengan sendirinya).

Jadi saya sarankan untuk caesar deh apalagi kalau itu anak pertama.
apalagi kalau dana cukup.
Tapi kalau tetap ingin melahirkan normal, ya nggak ada salahnya. asal siap
lahir & batin
juga cari rumah sakit/klinik bersalin yang siap untuk operasi caesar apabila
dibutuhkan tindakan tsb.

itu aja saran saya

bye

Wah