Maaf saya lewat email balita, saya harap ada yang bisa Bantu saya dari
anggota milist ini. Sebab saya ndak tahu kepada siapa saya mesti mengadu
agar tepat ke orang yang tepat. Saya berharap besar ada anggota milist
yang dapat memberikan saya alamat or referensi alamat agar saya bisa
ngomong dengan orang yang tepat tentang masalah ini.

Pertama saya ingin Tanya, berapa sih sebenarnya biaya resmi pengurusan
SIM C baik baru atau perpanjangan ?
Terus biaya itu untuk pembayaran apa saja ?

Beberapa hari yang lalu saya mengurus perpanjangan SIM C, tepatnya bukan
perpanjangan tapi buat baru karena saya pindah dari Surabaya ke
Pasuruan.
Tapi dari berbagai rangkaian prosedur ada yagn membuat saya juengkel dan
saya seperti tidak bisa berbuat apa-apa kecuali pasrah.

1. Waktu ditanya oleh seorang polisi, SIM C nya mau jadi kapan? Kalau
mau selesai sekarang saya harus menyerahkan sejumlah uang dan kalau
dihitung besarnya hamper 2X lebih biaya yg saya harus setorkan lewat BRI
untuk pengurusan SIM. Tapi karena saya memang butuh harus sekarang ya
saya serahkan aja sebab saya udah jenuh dengan segala prosedur yang
ujung2nya hanya memberi kemudahan pada orang yang berduit . Padahal pada
hari yang sama teman saya mengurus SIM C di Surabaya dari jam 9 pagi
sampai jam 1 siang, itupun hanya kena 84 rb rupiah. OK lah saya bisa
terima sebab saya tidak perlu bolak balik dan bolos kerja hanya untuk
mengurus SIM. Meskipun dalam hati saya sangat kecewa, katanya orde baru
brantas korupsi kok masih ada mafia2 seperti ini yg memasukkan kita pada
system dimana kalau mau ambil kalau tidak ya pergi saja, yang butuh kan
anda ...sedih rasanya.

2. Waktu foto, saya diminta lepas jilbab. Ha ? aturan itu masih ada ?
padahal 5 tahun yg lalu saya mengurus SIM di SBY, saya boleh pakai
jilbab. Disitu saya harus lepas, katanya itu aturan ndak boleh
dilanggar. Bahkan ketika saya tawarkan sejumlah uang agar saya bisa
tetap pakai jilbab, polisi itu menolak, tetap harus dilepas.Urusan antri
aja bisa, kelulusan SIM aja bisa dinego kenapa ini tidak?  Kok bisa ?
dan teman saya mengurus SIM di SBY, dihari yang sama juga boleh pakai
Jilbab. Kenapa di Pasuruan tidak boleh? Katanya Pasuruan kota santri
kenapa pakai jilbab aja dilarang. Akhirnya kita tarik ulur, tapi si
polisi minta tetap jilbab harus dilepas. Saya tunjukkan SIM C saya yang
pakai jilbab dia bilang ya pokoknya yang memfoto kan saya, dan saya
meminta anda lepas jilbab lalu saya foto apa anda kembali ke BRI untuk
meminta uang anda kembali dan tidak usah ngurus SIM. Weleh - weleh....
Saya butuh SIM C karena saya tiap hari kerja di SBY, jadi saya harus
punya sim C agar saya tidak selalu dag dig dug tiap ada pemeriksaan.
Sepertinya saya tidak punya pilihan lain, akhirnya saya dicuekin dan dia
memanggil peserta yang lain. Kemudian saya diskusi dengan suami, dan
kami menawarkan gimana kalau pakai kerpus aja (topi penutup kepala) kan
yang penting telinganya kelihatan, dia tetep gak mau, ndak bisa harus
lepas jilbab. Duh ini orang agamanya apa sih (maaf) kok alot banget.
Kenapa tidak bisa menghargai orang lain yang punya keyakinan agama
tertentu. Ini bukan jaman ORLA dimana orang berjilbab mempunyai ruang
lingkup yang terbatas. Ini udah jaman SBY (baca pak Susilo Bambang
Yudoyono). Akhirnya saya tidak punya pilihan lain, atas ijin suami saya
akhirnya foto tidak pakai jilbab...sedih rasanya dijaman ini masih ada
larangan penggunaan jilbab. Akhirnya kita pulang dengan perasaan
terluka, kecewa dan jengkel.

Please moms or dad, saya dibantu kemana sebaiknya saya mengadu agar
kejadian ini tidak menimpa saya 2X or yang lain yang senasib dengan
saya.

Maaf jika ada yang tidak berkenan.

Regards,
Yuliana