Buat mbak okta & parents,
Ini aku masih simpan makanan yg cocok utk anak usia 4-12 bulan

Rgds,
Tere-kevin's mom
http://www.babiesonline.com/babies/k/kevin_n

Makanan untuk bayi anda
Monday, 27 May 2002
Kategori : Makanan Bayi Sehat

Makanan yang terbaik bagi bayi anda adalah makanan segar yang disiapkan dan
dimasak oleh anda sendiri. Adalah hal yang normal apabila anda acapkali
menemukan gumpalan-gumpalan utuh makanan pada popoknya, tetapi bilamana
sering terjadi hal demikian, maka sebaiknya lumatkanlah makanannya kembali
untuk beberapa minggu lebih lama. Buatlah makanan yang cukup berair dan
mudah ditelan. Campurkan sedikit air matang, ASI, susu formula, air kaldu
(tanpa garam), jus buah, atau yogurt pada bubur saring atau makanan
gilingnya. Siapkanlah selalu makanan dingin atau hangat suam-suam kuku untuk
bayi anda.
Berikanlah satu jenis makanan baru setiap kalinya, dan tunggu 24 jam sebelum
memberikannya kembali untuk melihat bagaimana anak anda bereaksi. Apabila
diikuti oleh diare, tidak enak badan, dan ruam kulit, jangan memberikannya
lagi untuk beberapa bulan berikutnya. Jangan tambahkan: garam dapat merusak
ginjalnya yang masih muda, lagipula bayi anda tidak akan keberatan dengan
rasa yang hambar.
Sampai anak anda berusia empat bulan, hindarkan makanan yang bergaram,
berlemak, makanan kaleng, atau yang berbumbu: salami, sosis, ikan asin, krim
kental, adalah jenis makanan yang tidak cocok bagi bayi anda. Jangan berikan
madu sebelum bayi anda mencapai usia satu tahun. Gunakan telur segar dan
masaklah hingga matang.

4-6 Bulan
Berikanlah makanan yang dilumatkan hingga halus kemudian disaring sehingga
menjadi bubur saring yang agak cair, tanpa diberi perasa tambahan (hambar),
halus dan tidak bergumpal atau berbutir.
Persiapan :
€ Kupas kulitnya
€ Buang biji-biji dan serat kasar bila ada
€ Masak : dibuat bubur yang disaring atau puree
Bahan makanan yang disarankan:
Kentang, apel, pir, wortel, beras, kapri, buncis, kembang kol, dan
lain-lain.

6-8 Bulan
Makanan dapat dilumatkan atau dicincang hingga halus, tambahkan air matang
secukupnya bila perlu. Makanan tidak perlu disaring lagi. Berikan makanan
yang dapat dipegang sendiri dan digigit-gigit (finger foods) oleh bayi anda,
seperti misalnya wortel mentah, pisang, keju, dan lain-lainnya.
Persiapan, buah / sayuran :
€ Kupas kulitnya
€ Buang biji-biji dan serat kasar
€ Masak : dibuat puree atau bubur
Persiapan, daging / ikan :
€ Buang kulit, tulang-tulang, dan lemaknya
€ Masak : dipanggang / dibakar, atau direbus
€ Cincang hingga halus
Bahan makanan yang disarankan :
Telur, ikan, ayam, roti, hati, sereal gandum, tomat, jagung manis, dan
lain-lain.

8-9 Bulan
Perkenalkanlah bayi anda dengan makanan yang dicincang lebih kasar dan
bergumpal. Makanan tidak perlu dihaluskan lagi.
Persiapan, buah / sayuran :
€ Kupaslah kulitnya
€ Buang biji-biji dan serat kasar
€ Berikan dalam bentuk potongan atau batangan atau parutan, bila mentah
€ Cincang atau lumat kasar, jika dimasak : biarkan bergumpal-gumpal kasar
Persiapan, daging / ikan :
€ Buang kulit dan lemak
€ Masak : dibakar, dipanggang atau direbus
€ Cincang kasar
Bahan makanan yang disarankan :
Roti panggang, daging merah, sup, kaserol, nasi, pai (masak tanpa garam),
pasta, wortel, alpukat, apel, dan lain-lain.

10-12 Bulan
Anak anda telah dapat memakan hampir semua yang dimakan oleh keluarga,
potonglah makanan dalam potongan-potongan sekali gigit. Tetaplah menghindari
penggunaan garam pada saat memasak makanan.
Persiapan, buah / sayuran :
€ Kupas kulit
€ Buang biji-biji dan serat kasar
€ Jika dimasak, kukuslah apabila memungkinkan
Persiapan, daging / ikan :
€ Buang kulit dan lemak
€ Masak : dibakar, dipanggang, atau direbus
€ Potong-potong dalam ukuran kecil
Bahan makanan yang disarankan :
Babi (jika dimasak sampai matang), ayam, ikan tuna, kubis, brokoli, buncis,
tomat, jeruk, nanas, strawberi, dan lain-lain.

PERINGATAN:
Sangat berbahaya apabila memberikan balita anda kacang-kacangan dalam bentuk
utuh, khususnya kacang tanah. Butiran kacang tersebut dapat dengan mudah
masuk ke dalam lubang hidung anak dan menyumbatnya, sehingga dapat
menyebabkannya tercekik, dan kemungkinan benda kecil tersebut dapat
menyebabkan iritasi yang parah pada paru-parunya.