Pak,
Rafa usianya >1 bln  atau > 1 thn  ?.

kalo  1 bulanan :  anak saya kalo jadwalnya tidur saya tengkurepin sambil
dibelai2
punggungnya / ditepuk2 pantatnya, kadang sambil saya nyayiin lagu tapi cuma
hem...hem...hem... biasanya dia cepet tidur apalagi kalo dia udah "menguap" dulu
/
abis minum susu / sambil minum air putih ( dia sukanya minum sambil tengkurep
seh )
walaupun suara disekelilingnya rame/gaduh dia tetep tidur karna dibiasakan
begitu
sejak bayi ( maklum rumahnya dipinggir jalan yg rame ojek motor )
sampe usia 9 bln kalo mo mulai bobo musti tengkurep, kalo diperjalanan dlm mobil
juga musti tengkurep dulu baru mo miring/terlentang.
Pak, coba dingat2 waktu Rafa dlm kandungan, ibunya Rafa kalo malam suka
"digangguin"
bapaknya gak ?    kalo suka gangguin biasanya bayi kalo udah lahir susah tidur
malem tuh
he...he....boleh percaya atau tdk seh.

kalo 1 tahunan : mungkin bisa dengan dongeng kali yah..
soal jadwal tidur :
rasanya percuma kali yah, soalnya Agam (9 bln) suka bangun jam 3 - 4 pagi main
dikasur
sambil ngajak brg2 lalu tidur lagi deh.

Maaf kalo gak membantu
Salam - Mama Agam

Bp/ibu,
Tolong dong ada yg punya jadwal tidur anak ngga ya?
Rafa (1,7) kalo bobo siang cuma dr 11.30 - 13.30 tapi kalo malem bisa nyampe
jam 23.00 lho kadang2 lebih
dan dia bener2 ngga mau bobo walau lampu sudah dimatikan.
Ada yg bisa bantu cara jitu buat anak tidur cepat?

Thanks.