Mbak,
Naufal sama dengan Agam (9,5 bln) senang melempar + menendang barang.
Sebab Melempar : - jika sudah bosan dgn brg yg dia pegang
                                    - kalo lagi marah,
                     - tidak tertarik dgn brg tsb
                               - sengaja dilempar agar tahu bunyinya
                                      - jika kita ambil malah dilempar lagi,
biar dia ambil lagi
                                      - ngajak bermain biar ketawa.
                                      - anak cenderung rasa ingin tahu
Sebab Menendang : -  maunya dititah sambil menendang brg2 terutama bola
                                          - senengnya main sambil ketawa2
                                          - permainan yang sangat menarik
baginya
Mungkin Solusinya :
               - jauhkan barang pecah belah/brg yg berbahaya dari jangkauan anak
               - jangan marahi anak, selama kita bisa mencegah penyebabnya.
               - alihkan perhatiannya dgn permainan melempar bola ke
keranjang/kotak, dll
               - alihkan perhatiannya dengan permainan lain bersepeda, menyusun
balok,
                 menggambar,dll )
               - ditegur setiap dia berbuat salah, tapi jangan dimarahi.
                  ( ibarat minum obat kalo dikasih dosis tinggi, dikasih dosis
rendah susah sembuh )
               - biasanya anak selalu ingin ikut ibunya, bisa dcoba untuk
menakuti anak gak akan
                  diajak bila gak nurut. ( dari pada mengurung dikamar mandi,
kayaknya gak tega
                  sama jeritannya deh, soalnya saya pernah dengar tetangga anak
kelas 2 SD
                  begitu, hasilnya bukannya tambah nurut tapi malah benci sama
ibunya, mungkin
                  karna keseringan dikurung kali yah.)
                - mungkin lebih bijak bila kita memberikan contoh yang baik
                  ( bukan hanya teriak memarahi / menyuruh /menasehati )
                - Anak itu titipan Allah, so......kesabaran kita itu juga ibadah
kali yah.......

Maaf kalo gak membantu,
MamaAgamYangGakBisaMarahSamaAnakYangLagiKecapeanNuntunAnakSambilNendangBola.

Dear All,

Mau tanya nih, bagimana sih sikap kita orang tua menghadapi anak yang lagi
suka lempar-lempar barang (anak saya usianya 20 bulan).

Kadang saya sampai bingung menghadapinya, pernah saya coba pukul kakinya
(betis-red)nya, dia malah ketawa. Kalau saya pelototin, dianya malah mukul
saya atau malah melempar saya dengan mainan. Saya juga sudah mencoba
memberitahukan dia, dengan menggendongnya dan bicara dgn dia supaya jangan
lempar2 lagi, tapi nggak berhadil juga. Kadang pernah terpikir sama saya,
untuk mengurung dia sebentar di kamar mandi supaya dia jera.

Apakah cara itu cukup baik daripada saya pukul dia, atau ada cara lain?

Tolong infomasi atau pengalaman dari Moms Dads untuk masalah ini.

Thanks,

Mama Naufal