Mbak Des,

Mo nambahin beberapa pendapat mengenai pediasure dari dokter anak dan parents milis sebelahhhhhh... kalo saya ngga salah juga, penggunaan pediaure di us dan negara luar lainnya sangat-sangat dibatasi.. tidak seperti di indonesia yang dijual bebas.. :))
maaf kalau ada yang tidak berkenan.

===============================
CICI - pediasure
Aduh kenapa adit dikasih pediasure
Saya banyak berdiskusi dg DRG karena mereka akan memberikan seminar tentang kesehatan gigi pada anak dan saya diminta bicara dari aspek dokter anak Salah satu yg jadi issue adalah PEMBERIAN FLUOR SUPPLEMENT KARENA EFEK SAMPINGNYA
Kedua, pola makan yg salah misalnya minum susu botol mau tidur; makanan di blender saring sampai di atas usia 9 bulan.
lalu makan makanan kayak pediasure!!!

Anak yg tidak belajar mengunyah rahangnya tidak tumbuh, gusinya tidak sehat
Kedua, pediasure untuk anak oper asi usus misalnya, baru sambung usus, nah gak bisa dikasih makanan biasa, kasih deh makanan cair.

Ketiga, pediasure tdk memberikan serat, tdk memberikan phytochemicals suatu zat yg berguna untuk mencegah kanker, diabetes,
dan penyakit jantung. Mulai deh makan biasa aja, biar aja sedikit asal sering

=============================

Pediasure t dk lebih unggul dari susu biasa. Pediasure adalah makanan cair jadi seberulnya dibuat untuk anak2 sakit berat yg tdk bisa makan makanan padat. Adalah kesalah kaprahan - memberikan pediasure pada anak yg tdk mau makan. Makan itu bagian dari pendidikan, eksperimen, pengalaman, adventure. makan cair hanya kalau anak kita sakit berat, pasca operasi usus. Dia lebih mahal kreena packingnya kaleng, gulanya bukan lactosa tapi sukrosa, lemaknya lemak khusus biuat anak sakit berat. Jadi, gak perlu pakai pediasure, apalagi rasanya manis sekali makan harus fisiologis 0 artinya yg normal2 saja.

=======================

PEDIASURE
terus terang .. saat membaca email perihal pediasure ... saya deg2 an hehehe ... berdoa .. pasti ... pasti ada SP yg akan menanggapi ...
Alhamdulillah ... Yuli (Pudji) sudah merespons Adalah hak kalian untuk menentukan .. tetapi .. teliti ketika membeli ... itu pepatah kuno yg tidak lekang dengan waktu ... Pediasure adalah makanan cair ... untuk anak sakit berat ... Di lain pihak ... dalam kesehatan ... tidak ada jalan pintas ...makan ya makan .. dalam bentuk sefisiologis mungkin (itu istilah medisnya) atau se natural mungkin (itu istilah awam nya)

makan harus ada serat ... ada phytikimia nya ... makan adalah exdperience and entertainment... bukan sekedar agar anak gemuk ...

Pemberian makan vair hanya untuk anak sehabis operasi pemotongan usus dan kasus gawat lainnya ... pemberian makan cair untuk jangka panjang tentunya akan mempengaruhi kinerja sal pencernaan kita .. antara lain ... rahang menjadi kecil... letak gigi menjadi tidak beraturan

Akhirnya ... ketika kita/kalian kecil dahulu ... pasti pernah gak mau makan .... apakah kalian diberi pediasure? Beruntung nya generasi terdahulu .. tidak terlalu menjadi bulan2an iklan....

saya rasa problem anak susah makan tuh masalah klasik dan banyak anak2 yang mengalami fase ini, seperti anak saya pasha...dulu saya juga suka beri pediasure ke anak pertama saya kalau dia lagi mogok makan...tapi di milis ini dokter dan sp lain memberitahu bahwa makan itu adalah sebuah experience dan merupakan suatu proses yg. melibatkan mekanisme tubuh mulai dari mulut, sampai dengan pencernaan...jadi kalau anaknya lagi sulit makan, pemberian susu atau pediasure bukanlah jalan keluarnya...jadi yg.
musti dilakukan adalah dengan memberi variasi makanannya atau cara penyajiannya...

sebenarnya manfaat pediasure itu hanya untuk anak2 yang mempunyai kelainan di pencernaannya pak, sama sekali bukan sebagai pengganti susu apalagi makanan...jadi sebaiknya distop aja pak pediasurenya...dan untuk susunya, sebaiknya ngga perlu minum susu formula...karena sebenarnya kandungan susu formula spt. AA, DHA dkknya tuh tidak ada manfaatnya...hal tsb. sudah dikonfirmasi oleh IDAI dan artikel2 lainnya (kalau mau, nanti bisa dikirim lewat japri), itu semua hanya akalan produsen susu aja...jadi untuk susunya cukup dengan susu UHT atau pasteurisasi aja dan sebianya yg. plain aja u/ menghindari gula tinggi di susu flavour...oh iya, susu juga bukan
lagi sebagai menu utama u/ anak diatas 1 tahun, melainkan hanya sebagai asupan kalsiumnya...jadi ngga harus susu melulu...bisa divariasikan dg. asupan lainnya yg. mengandung kalsium tinggi, spt. keju

ttg. imunisasi, krishna sudah divaksin apa aja pak?! harus tahu loh...tapi saya juga sering lupa anak2 saya sudah divaksin apa aja, biasanya percaya penuh sama istri, he3...tapi yg. terpenting jgn hanya vaksin yg wajib aja, kan ada juga yang direkomendasikan, karena vaksin itu adalah upaya pencegahan dan pencegahan itu jauh lebih baik daripada mengobati, tul ngga?! pak joko ngga kemakan isu MMR-Autis kan?! jangan sampai deh...untuk imunisasi yg. terlambat, sebaiknya secepatnya diberikan...karena nanti daya tahan tubuh yg. didapat lewat imunisasi menurun setelah melewati jangka waktu tertentu...nanti takutnya ketika daya tahannya habis, krishna malah kena penyakitnya

much love,

reyna

Kirim email ke