Mbak Yuli,
Saya ikut prihatin dg sakitnya Zahra. Saran saya sih coba periksa lab tinja
untuk diketahui kembung dan diarenya karena virus atau bakteri. Jangan
diberikan Kaopectate, karena obat itu hanya menghentikan diare tanpa
menyembuhkan sakit. Jadi penyebab diarenya masih terus bercokol ditubuh.

Mungkin sih Zahra kena gastroenteritis. Berikut uraiannya:

      Gastroenteritis Infeksiosa

      DEFINISI
      Gastroenteritis Infeksiosa adalah suatu infeksi saluran pencernaan
yang menyebabkan muntah dan diare.

      PENYEBAB
      Gastroenteritis bisa disebabkan oleh sejumlah bakteri. Beberapa
bakteri menyebabkan gejala melalui racun yang dihasilkannya, sedangkan
bakteri lain tumbuh di dalam dinding usus. Jika bakteri tumbuh di dalam
dinding usus, mereka bisa masuk ke dalam aliran darah.

      Virus dan parasit (misalnya Giardia) juga bisa menyebabkan
gastroenteritis.
      Rotavirus merupakan penyebab dari hampir separuh kasus diare berat.

      GEJALA
      Biasanya gastroenteritis menyebabkan muntah dan diare.

      Dalam waktu 24 jam setelah terjadinya gastroenteritis, bayi yang
berumur dibawah 6 bulan bisa mengalami dehidrasi (kehilangan sejumlah besar
cairan dan elektrolit).
      Jika muntah dan diarenya berat sedangkan asupan cairannya sedikit,
dalam waktu 24 jam setiap anak bisa mengalami dehidrasi.

      Gejala lainnya yang mungkin ditemukan:
      - nafsu makannya berkurang
      - mulutnya kering
      - demam
      - produksi air kemihnya berkurang
      - merasa haus
      - berat badannya menurun.

      Dehidrasi berat bisa menyebabkan mata menjadi cekung dan kering, serta
ubun-ubun menjadi cekung. Anak tampak mengantuk.
      Pada bayi yang lebih tua dan anak-anak yang gemuk, dehidrasi bisa
menyebabkan mereka tampak lemas, kulitnya hangat, kering serta keriput dan
matanya kering.

      DIAGNOSA
      Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.
      Untuk menentukan penyebabnya, dilakukan pemeriksaan terhadap tinja
penderita.

      PENGOBATAN
      Untuk menggantikan cairan yang hilang karena muntah dan diare, segera
diberikan cairan dan elektrolit, biasanya dalam bentuk minuman atau jika
dehidrasinya berat, diberikan dalam bentuk infus.

      Kepada bayi yang lebih tua, antibiotik hanya diberikan jika
penyebabnya adalah bakteri atau parasit.
      Kepada bayi yang berumur kurang dari 6 bulan atau menderita gangguan
sistem kekebalan, diberikan antibiotik meskipun tidak terdapat tanda-tanda
infeksi di luar usus.

      Jika penyebabnya virus, tidak perlu diberikan antibiotik.
      Jika diare terjadi ketika tengah mengadakan perjalanan keluar kota dan
diarenya berat atau menetap, seringkali diberikan antibiotik.