mbak lia,
sayang mbak gak sebutin usia anak, saya rasa semua masalah
tergantung dari usia anak kali yah. logikanya bertambahnya
usia bertambah pula pemahaman anak terhadap sesuatu.
Agam (10 bln) mungkin kondisi saya bisa jadi masukan :
1. senin - jumat pergi jam.6 pulang jam.8 kdg lebih
2. kalo aku pergi dia udah bangun kita main sebentar lihat kita pergi dia gak
nangis
3. kalo aku datang dia belum tidur lihat aku suka nangis pengen digendong
    tapi gak lama dia biasa lagi main sama siapa aja.
4. kalo sabtu-minggu sebisa mungkin urusan Agam dari a-z tanggungjawab saya
    ( mandiin, maaf-cebok, pakein baju-celana, nyuapin, bikin makannya, bikin
susu,
      nungguin sampai susu habis, cucu botolnya, nidurin siang-malam, ngajak
jalan2,
     kecuali cuci-setrika baju, beresin dapur )
    ini kesempatan buat saya,soalnya saya ngiri juga sama pengasuh Agam
    saya cuma punya waktu 2 hr sdg dia 5 hr. jadi 2 hr itu kesempatan untuk
pengasuh
    mengerjakan yg belum sempat dia kerjakan selama 5 hr itu.
5. sabtu-minggu kita tetep ajak pengasuh tuk jalan2 karna dia cuma punya waktu 2
hr tuk
     cuci mata, tapi selama perjalanan anak dipangkuan/disamping saya.
6. gak tahu kenapa mbak, saya punya kekhawatiran besar suatu saat anak saya gak
    nurut mamanya karna Agam tdk mengisap ASI langsung. so........sebisa mungkin
saya
    berusaha untuk dekat & membuat dia senang.
7. terus saya percaya betul kalo kita lebih sering melakukan a-z tsb teruatama
     maaf cebokin anak, insya allah anak akan nurut kita.
8. kalo saya melihat Agam dekat/senang dgn pengasuh/tetangga tertentu,
    ( mis. main ciluk ba, bola ) saya justru akan mempelajari & menirunya agar
     Agam pun senang bersama saya, tanpa membatasi sosialisasi dia ke org lain
9. saya hanya meninggalkan Agam berdua dgn pengasuh, otomatis pengasuh akan
    berusaha sedekat mungkin dgn si anak. kalo kita keras ke dia coba bayangkan
bila
    tdk ada dia, kita juga yg repot.

saran saya ; coba pelajari setiap harinya apa yg dilakukan pengasuh ke anak
                          hingga ia lebih memilih bersamanya, siapa tahu ada yg
kurang dari
                          kita sbg ortu tuk membuat anak dekat/senang.
                          kecuali jika pengasuh melakukan hal yg tdk kita
inginkan
                          ya .....perlu diatasi,. ( membiarkan main/jajan
sembarangan misalnya )

liburan ber-3 gak ada salahnya dicoba, but jika sepulang liburan
kondisinya masih sama/gak ada perubahan/justru malah sebaliknya
anak gak mau sama pengasuh, berarti bukan itu solusinya.

semoga membantu......
Ema=mamaAgam

----- Forwarded by Ema Lisistia/BSFM on 08/03/2005 16:49 -----
|--------+------------------------>
|        |          lia sahliana  |
|        |          <lia_sahliana@|
|        |          yahoo.com>    |
|        |                        |
|        |          08/03/2005    |
|        |          16:14         |
|        |          Please respond|
|        |          to balita-anda|
|        |                        |
|--------+------------------------>
  >-----------------------------------------------------|
  |                                                     |
  |       To:     balita-anda@balita-anda.com           |
  |       cc:     (bcc: Ema Lisistia/BSFM)              |
  |       Subject:     [balita-anda] anak lebih dekat   |
  |       dengan BS                                     |
  >-----------------------------------------------------|

Moms n Dads..
Aku mo sharing n minta masukannya nih..masalahku gini, seminggu kemaren aku
memang sibuk sekali di kantor, sampe lembur 3 hari berturut-turut..(aku sampe
rumah jam 9 malam, n anakku udah bobo)..dan aku memang berangkat k kantor jam 6
pagi (habis rumah diujung dunia ;-( )..
Nah sekarang nih, aku lagi BT berat, karena sejak hari sabtu-minggu kemaren, kok
anakku kalo ngeliat BS-nya langsung nangis minta ikut..walaupun sedang digendong
ibu ato bapaknya..Padahal biasanya kalo udah digendong ibu ato bapaknya..BSnya
jadi engga laku, malahan kalo malam dia sama sekali ngga mau dipengang
BSnya..bisa jejeritan..Tapi kok, dalam seminggu semuanya berubah drastis ya..??
Untuk mengembalikan ke kondisi awal, sekarang tiap pulang kantor, BSnya aku
suruh di belakang aja..bener2 ngga megang anak lagi..sampe kalo mo makan malem,
aku gantian sama suamiku..n weekend nanti rencananya aku mau pergi liburan..only
bertiga sama anak n suamiku..
Bener ngga sih, langkah yang aku ambil..Please give some advice ya...thx
before...

Celebrate Yahoo!'s 10th Birthday!
 Yahoo! Netrospective: 100 Moments of the Web