dear mbak Yulie,

untuk vaksin cacar air rekomendasi IDAI (yang ada di tabel) memang
diberikan pada usia 10-12 tahun, akan tetapi bisa diberikan pada usia
minimal 13 bulan dengan catatan pada usia 10-12 tahun diberikan booster
lagi. DSA Domi (Proff.Dr.Sri Hadinegoro, ketua SATGAS Imunisasi IDAI)
sempat menerangkan kepadaku rekomendasi IDAI diberikan pada usia 10 tahun
karena vaksin tsb hanya berkerja selama 25 tahun jadi diharapkan anak pada
usia produktif (s/d 35 tahun) tidak tertular cacar air karena jika ibu
hamil tertular cacar air cukup berbahaya bagi janinnya, akan tetapi bisa
diberikan pada usia minimal 13 bulan.

Domi sudah aku vaksin cacar air tepat pada usianya yang ke 13 bulan, aku
sendiri dari bayi belum pernah kena cacar air, waktu rencana hamil sengaja
aku proteck dengan vaksin tsb. Sepertinya anak-2 mbak tidak ada salahnya
jika mau divaksin karena tidak ada batasan usia yang penting belum
tertular oleh virus cacar air tsb. Biasanya kalau ada orang se rumah yang
sedang kena penyakit cacar air, dokter tidak akan menyarankan anggota
keluarga lainnya yang serumah untuk divaksin karena takut sudah tertular
tapi belum terlihat gejalahnya.

Semoga membantu.

Salam,
Rita (Mama Domi)