Coba dulu di pispot aak deh pak, trus belikan buku-buku (kebanyakan bhs
inggris) ttg potty training. Jadi anak di waktu-waktunya bisa diceritain ttg
pup di pispot, trus nantinya di kloset.

Selain itu kemampuan anak beda-beda. Nadya baru 'sukses' pup di kloset
(setelah melewati tahap pup di celana, diapers dan pispot) usia 3 th padahal
begitu umur 2 tahun sudah bisa bilang pipis dan sudah tidak pipis
sembarangan. Sedangkan keponakan saya yg 6 bulan lebih muda dari Nadya sudah
bisa pup di kloset umur 2 tahun tapi kadang-kadang masih belum bisa bilang
pipis.

Ada yg menyarankan utk dibuat rutinitas, lha masalahnya jadwal pup nadya itu
ngikut saya, tak terjadwal. Beda dengan ayahnya yg teratur di pagi hari
(maaf ya, jorok). Jadi saya sering gagal kalau pakai metoda meletekkan anak
di kloset pada jam-jam tertentu.

Tapi mengenai buku potty training, bener lho, Nadya langsung tersentuh
mendengar cerita itu dan kaya'nya dia punya tekad utk meniru apa yg ada di
dalam cerita itu.

Sabar dan telaten kaya'nya kunci menuju sukses potty training.

Maaf kalau tidak berkenan.

rina rinso