Dear parents,

Beberapa hari yg lalu kalau moms and dads baca di surat pembaca kompas, ada
kasus salah suntik BCG lagi....  wah sedih dengarnya...  rasanya dulu juga
pernah ada kasus yg sama dan mengingatkan saya dengan kejadian setahun lebih
yang lalu.

Anak saya juga pernah salah suntik saat vaksinasi.  Walaupun saya masih 'cukup
beruntung' dengan disuntik vaksin yg kebetulan 'tidak apa2'.  Ceritanya gini.

Waktu itu anak saya umurnya 3 bulan waktunya untuk suntik pertama Hib.  Emang
Hib bukan vaksin wajib, hanya waktu itu kami emang mau pindah ke Beijing, jadi
ya untuk amannya suntik aja deh.

Karena dokter anak yg biasa kami datangi cuti panjang, jadi ya kami datang aja
ke dokter anak muda yg available di RS itu.  Kami pikir saat itu, apa susahnya
sih nyuntik, rasanya gak perlulah ditunda2.

Jadilah kami datang ke dokter anak muda ini, dan bilang mau disuntik bla bla...
setelah konsultasi dan saya seyakin2nya dokter itu cerita tentang Hib.. betapa
pentingnya suntik ini bla.. bla...  Dan akhirnya dia menyebutkan satu merk
vaksin ke susternya.. dan anak saya diperiksa... dan akhirnya disuntik.

Dan... the problem comes... waktu dia mengisi buku vaksin... opsss.. dia sadar
kalo dia salah suntik...(dia udah sempet nulis di tempat Hib... terus dia
tip-ex).. kemudian dia bilang ke saya... ini tadi maksud saya, saya suntik
hepatitis B...  bukan Hib... tanpa minta maaf telah saya suntik.  Saya ya
complain ke dokternya, kok bisa salah suntik, dia ngotot kalo yg dia maksud
tadi mau suntik hepatitis B... lah gimana hepatitis B (yg ke3).  Hepatitis B
kan waktunya nanti kalo sudah berumur 6 bulan.  Saya tau dia cukup panik juga
dari nadanya.. tp dia tetap ngotot...  dan dia menunjukkan brosur vaksin
hepatitis B.. kalo memang disuntik saat umur 3 bulan tidak apa2 (disitu memang
disebutkan kalo untuk daerah berjangkit, suntikan hepatitis B tidak perlu
tunggu 6 bulan, tp 3 bulan juga tidak apa2).

Saya kesel banget ama dokter itu dan takut juga efeknya ke anak saya, soalnya
anak saya lahir dengan berat badan yg cukup pas2an, dan waktu keluar dari ruang
periksa, suster yg menyiapkan bilang ke saya.. tidak apa2 bu... anak saya juga
disuntik hepatitis B (3) saat berumur 3 bulan. bla.. bla..  tapi saya sih gak
menyalahkan suster, dia kan hanya ngikutin apa yg dokter perintah.

Akhirnya saya sempet tanya2 lagi ke dotker lain.. Alhamdulillah tidak apa2.
Kemudian dokter anak saya yg semula (yg cuti itu) bilang kalo memang vaksin
buatan Indonesia untuk hepatitis B, bisa 1.2.3 bl, tp biasanya kalo vaksin
buatan luar itu 1,2 dan 6 bl.  Dan beliau juga bilang untuk yakin bahwa anak
saya gak apa2, nanti setelah dia berumur setahunan bisa di cek HBs Ag dan Anti
HBs titernya untuk mengetahui efeknya nanti.  Alhamdulillah tidak ada efek
apa2, vaksinnya bekerja baik.

Ohya, saya juga sempet dipertanyakan oleh dokter di Beijing..... kenapa ya umur
3 bulan udah disuntik hepatitis B yg ke3??....  bingung juga saya jawabnya..
masak aku bilang dokternya salah suntikkk?????....

Sejak saat itu... saya selalu mengecek vaksin yg akan disuntik ke anak saya.
Cek NAMANYA dan juga cek TANGGAL KADALUARSA nya....

Please deh moms and dads... cek juga vaksin2 yg akan disuntik ke putra/putri
anda.. biar gak salah suntik....  DOKTER JUGA MANUSIA...................;-)

Regards,

Rury