Bu, jangan ragu cari pendapat dokter lain.  Ibu tinggal ceritain
sejarahnya...kalo ada data-data penunjang lebih baik...apa aja yang udah Ibu
alami (atau waktu sakit itu Ibu menerima obat or tindakan apa aja).  Ceritain ke
dokter tsb selengkap mungkin.  O ya cari dokter yang ga kenal sama sekali dengan
dokter pertama (rumah sakit beda or jangan sebutin siapa nama dokter pertama
Ibu, supaya pendapatnya bisa lebih obyektif).  Juga pilih dokter yang ga males
nerangin,  kalo bisa yang pinter (jago)...misalnya dia udah profesor or ada
keahlian khusus selain spesialis kandungan, misalnya ambil spesialisasi penyakit
kandungan.
Kita sebagai pasien artinya kita juga konsumen (yang bayar dokter tsb).  jadi
jangan mau diperlakukan seenaknya oleh dokter...wong kita yang bayar en
ngerasain...seperti dipaksa pasang spiral.  Kalo ga merasa nyaman JANGAN
lakukan....pilih kb lain ....or lebih baik kb alamiah (kalo bisa)

Yenny Chandra

|--------+-------------------------->
|        |          Hestiwulan      |
|        |          <[EMAIL PROTECTED]|
|        |          nus.ac.id>      |
|        |                          |
|        |          03/31/2005 03:21|
|        |          PM              |
|        |          Please respond  |
|        |          to balita-anda  |
|        |                          |
|--------+-------------------------->
  >--------------------------------------------------------|
  |                                                        |
  |       To:     balita anda <balita-anda@balita-anda.com>|
  |       cc:     (bcc: Yenny Chandra/BSFM)                |
  |       Subject:     [balita-anda] Pasca operasi.........|
  >--------------------------------------------------------|

Moms,

ada yg pernah mengalami seperti saya nggak ya......
ceritanya sekitar 4 bln lalu saya melahirkan anak ke-2 melalui operasi.
Sebulan kemudian saya merasa sakit seperti ada yg mengganjal di bekas
jahitannya. Ternyata di ujung sebelah kanan ada benjolan kecil tp sakit
slengkring-slengkring. Akhirnya saya ke dokter untuk periksa. Ternyata
menurut dokternya ada benang yg tdk terserap oleh daging, pada waktu itu
akhirnya dokter itu mengambil jarum dan memencet di tempat yg benjol itu
katanya untuk mengeluarkan benangnya. Kebayang kan sakitnya dipencet2.

Dua bulan kemudian saya merasa nggak enak lagi kali ini di ujung sebelah
kiri. Ternyata sama seperti yg lalu, tp ini benjolannya pas digaris
sayatannya. Aku ke dokter lagi, kebayang deh bakal dipencet2 lagi. Dan
ternyata benar memang akhirnya dipencet2 lagi. Duh sakit deh. Waktu saya
tanya kenapa waktu anak pertama gak seperti ini hasil operasinya, dia cuma
bilang ini karena jenis benangnya mungkin beda. Udah saya lagi sakit2 gitu
eh.. dia malah nganjurin untuk kb spiral. Aku masih takut, aku bilang nanti
aja deh biar bekas operasinya bener2 baik dulu. Dokter dan susternya bilang
"nggak apa2 bu itukan di luar, kalo di dalamnya sih udah baik". Saya tetep
nggak mau pasang kb dulu. Kadang dokter suka seenaknya aja ya, kita kan yg
ngerasain sakit eh.. dia bilang nggak apa2.

Nah sekarang ini saya merasa nggak enak lagi di bekas jahitan itu lagi tapi
kali ini di tengahnya. Saya jadi takut nih, mau ke dokter lain, nanti malah
nggak tau sejarahnya saya gimana, kalo ke dokter itu, nanti malah dipencet2
dan suruh pasang spiral lagi....
Gimana ya...saya jadi bingung nih.......

tks,
hesti