Dear Mbak Okti, berikut saya rangkum dari jawaban rekan Balita Anda :
Plus minus dot silicon (putih ) dan dot rubber (kuning)
Dot silicon :
1.Lebih jernih sehingga kalo kotor bisa cepat dibersihkan
2.Lebih mudah sobek apalagi kalo babynya senang menggigit bisa seminggu
sekali beli dotnya
3.Berbahaya juga kalo dot tersebut bekas gigitannya kalo tertelan oleh bayi,
disinilah ibu mesti extra hati-hati kalo berlubang sedikit mending cepat
diganti untuk menghindari tertelannya robekan dot tersebut
4.Lebih keras sehingga baby mungkin dalam menghisap susu jadi kurang nyaman
karena harus menghisap kuat-kuat
Dot Rubber :
1.Warnanya jernih juga, cuma kalo sudah sering direbus/dicuci warnanya agak
buram
2.Lebih lunak sehingga baby dapat menghisap susu dengan nyaman
3.Tidak mudah sobek
4.Baunya agak menyengat apalagi kalo udah dicuci/direbus berkali-kali warna
kuningnya lama-lama mengelupas dan mungkin dari sinilah timbul bau yang
kurang enak, mungkin juga ini pengaruh dari bahan kimianya
5.Pada pemakaian pertama dot ini sangat berminyak sehingga perlu
berkali-kali dicuci setelah hilang minyaknya baru direbus
     Yach semua ada efek negatifnya, dan tergantung kita sendiri memilih
mana yang terbaik untuk buah hati kita

Regards,
Bunda Farhan-S