Thanks ya mbak risma buat sharingnya...
btw kalo ASI yang kita perah rusak karena perubahan suhu tsb. terus kita
kasih ke baby kita..apa ya  akibatnya ke baby kita ???
Soalnya terus terang aja aku selama ini kasih di deket bagian pintu kulkas
( t4 buat botol )..

rgds

risma <[EMAIL PROTECTED]>
06/04/2005 15:27
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
RE: [balita-anda] berapa lama asi yang dari kulkas bertahan di suhu ruang?

Dear ibunya alven,

Maaf, bukannya saya mau menggurui.  Maaf, bukannya saya sok pintar. Tapi
saya cuma mau sharing apa yang saya tau.
Setau saya, caranya ngebagi ASI yang dipanasin bukan dikeluarin dulu
semua, trus diambil cuma 75cc buat dipanasin, n sisanya dibagi ketempat
lain buat disimpan lagi.  Kalo begitu caranya, sisa ASI juga udah rusak
karena perubahan suhu dari dingin (dalam kulkas) ke panas (suhu ruangan
sewaktu ngambil 75cc) dan  ke dingin lagi.
Cara yang bener katanya, dari awal waktu mau nyimpen di kulkas emang udah
dibagi-bagi ke dalam tempat-tempat terpisah sebanyak takaran sekali minum,
misalnya 75 cc. Jadi waktu mau dipanasin, tinggal ambil 1 tempat, then
abis. Yang lain tidak ngalamin perubahan suhu. Malah penyimpanan ASI dalam
kulkas jangan di pintu kulkas atau pun di tempat yang dekat dengan udara
luar ketika pintu kulkas dibuka, karena ada perubahan suhu. Harus masuk
jauh kedalam kulkas, atau di bagian chillernya, yang biasanya suhunya
lebih stabil karena tidak terlalu terpengaruh sewaktu pintu kulkas dibuka.
Kalo bisa sih, ASI disimpan di kantong2 plastik khusus buat nyimpen ASI
karena udah steril dan ada penjepitnya supaya kedap udara. Tapi mangkok2
plastik atau botol2 plastik kecil sih kayaknya ngga papa juga, sepanjang
bersih dan sebaiknya plastik yang tidak berwarna alias bening. Begitu...

regards.
risma

Agata Ambar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Kalo aku pernah baca juga...ASI yang sudah dikeluarin dari kulkas dan
sudah dipanaskan ( direndam air hangat ) tidak boleh di masukkan ke kulkas

lagi, maksudnya ya harus dihabiskan dalam jangka waktu 4-6jam ( suhu
terbuka )

kalo sayang karna gak habis, mending dikeluarinnya untuk sekali minum
saja, misal takarannya 75cc maka yang di panaskan 75 cc-saja, jd dibagi
ketempat lain sebelum dipanaskan.

maaf kalo salah.

ibunyaalven

"Hairiah"
06/04/2005 11:29
[...]

Klo aku pernah baca ASI perah yang baru dikeluarin dari kulkas bisa tahan
max. 4 jam...
Maaf kalo kurang membantu

Bunda Egi

Hairiah