Mbak sefty,

Kalau boleh ikut urun rembug, diliat dari segi keuangan, kayaknya yang
rumah A lebih menguntungkan. Kenapa? Karena mbak gak harus ngeluarin
uang u/ renovasi rumah. Jumlahnya bisa lumayan lho, dan itu kan perlu
uang cash yang gak bisa dicicil (kecuali ambil cicilan renovasi lagi).

Terus yang namanya akses lebih dekat ke kantor itu penting, karena
berarti jumlah waktu yang dihabiskan u/ anak bakalan lebih lama. 1 jam
itu u/ kondisi gimana? Kalo lancar aja 1 jam, gimana kalo gak lancar?
U/. yang rumah B, 1.5 jam itu kondisi gimana juga. Kalo gak lancar,
mungkin bisa ampe 2 jam-an.

Apalagi kalo letak strategis. Kemana-mana enak. Kalo masalah
lingkungan baru, justru jadi tantangan u/ mengenal lingkungan itu.
Soal jauh dari kakak, balik lagi itu kan konsekuensi dari berkeluarga
(mohon maaf kalau tidak sependapat). Jadi lebih tertantang u/. jadi
keluarga mandiri.

Pengalamanku juga begitu. Tadinya pengen punya rumah deket ortu,
karena emang lingkungannya OK banget. Tapi jauh dari kantor, sampai
rumah udah capek aja. Sekarang lagi membangun rumah yang deket kantor,
tapi jauh dari ortu. Jadi juga lagi mempersiapkan menghadapi tantangan
jadi keluarga mandiri :p

Mohon maaf jika kurang membantu.
=listi=