bagus kalau ada pilihannya

tapi terus terang saya ga dapat infonya, kalau ada silahkan di share disini

maksudku diemail sebelumnya vaksin mmr tdk ada alternatif lain adalah dr
dasar pemikiran bhw pilihan hanya ada 2
1. membuka peluang virus mumps, rubella lebih besar dgn tidak memberi vaksin
atau
2. menutup atau minimal memperkecil peluang virus mumps, rubella menyerang
tubuh dgn memberi vaksin mmr

krn sampai saat ini ga ada vaksin yg melindungi 100%

yah seperti mba bilang juga tawakal aja, bahwa kita melaksanakan kewajiban
kita melindungi anak kita

dr bbrp info yg saya baca

vaksin itu kan dibuat dr virus/bakteri yg dilemahkan, bbrp tdd dr jenis
virus misal
polio dr 8 macam virus
mmr dr 3 macam virus

utk mengikatnya diperlukan bahan khusus
juga dibutuhkan pengawet sehingga kandungannya tetap
itupun masih dibutuhkan persyaratan storage dll
agar kandungan dan tujuan sampai dgn aman dan selamat di tubuh anak dan
berfungsi sbgm diharapkan

saya pernah baca isu gelatin babi yg dipakai sbg pengawet tapi saya belum
nemu artikel yg reliable
sama dgn saya nemu artikel thimerosal dipakai sbg pengawet dan saya juga
belum pernah membuat satu riset yg sedemikian dalam

kan saya sejak awal juga bilang, Allah memberikan manusia akal untuk
berinovasi,  oleh krnnya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin

kalau saat ini baru ada pilihan yg masih haram, ya kita umatnya harus usaha
biar unsur haram dihilangkan dan temukan sesuatu yg baru yg lepas dr unsur
haramnya
tapi tidak membuat ada resiko negatif lainnya

tapi saya note bhw saya ga tau kebenaran isu kalau vaksin mmr mengandung
bahan haram

seperti susulah, udah puluhan mungkin ratusan kali ya mereknya?

rhum misalnya, ternyata kita bisa pakai bahan lain yg halal utk mewangikan
cake

gitu mba...

salam

ade