T:
Umur putri saya sekarang 6 bulan harusnya berat badannya saat ini min
7,3 kg tapi beratnya hanya 6,5 kg saja. Yang ingin saya tanyakan adalah:

Bagaimana menambah berat badan bayi? Makanan apa saja yang baik dan
bergizi tinggi untuk menambah beratnya mengingat dia sekarang sudah
boleh makan bubur. kalau bisa saya dptkan daftar makanan tsb dan
gizinya.
Biasanya saya beri dia makanan halus spt sayur, buah, ayam, daging,
tempe & tahu, keju, biskuit (milna/farley), susu PASI (saat saya
bekerja) dan ASI. Apakah makanan tsb sudah baik? Bagaimana cara
mengolahnya agar tetap ada gizinya?
Perlu Dokter ketahui bahwa dia makan sedikit sekali dan susah. Bgm cara
mengatasinya? Apa benar bayi perempuan makannya sedikit dibanding bayi
laki2?

J:
Memang berat badan anak Ibu jika disesuaikan dengan usianya digolongkan
gizi kurang. Makanan yang baik dan bergizi tinggi yang Ibu tanyakan,
sudah terjawab sendiri dalam pertanyaan Ibu, yaitu sayur, buah, ayam,
daging, tempe, dsb.-nya. Biasanya bayi seusia anak Ibu, makanan ditim
dahulu kemudian disaring, mengingat usus bayi belum dapat mencerna
keseluruhannya. Kalau berat badannya masih belum bisa bertambah, mungkin
porsinya masih kurang. Misalnya saja banyak ibu yang mempercayakan
pemberian makan anaknya pada baby sitter. Bila baby sitter-nya tidak
sabar, akibatnya bila bayi tidak mau makan lagi maka mereka langsung
stop memberi makan, padahal porsinya baru dimakan separuh. Jika berat
badan tetap tidak bertambah, saya anjurkan agar Ibu memeriksakan anak
Ibu ke dokter anak terdekat. Ada beberapa penyakit kronis yang mungkin
gejalanya tidak bisa Ibu lihat, tapi penyakit itu terus menggerogoti
tubuh si bayi, sehingga berat badannya tidak bisa bertambah, atau juga
selera makan menurun.

T:
Anak perempuan saya berumur 8 tahun 5 bulan pada saat ini menderita satu
penyakit yang dinamakan "DAMP". Damp ini saya ketahui pada sekitar awal
tahun 2000 berdasarkan rujukan seorang psikologi di sekolah pada seorang
psikolog. menurut psikolog sebetulnya IQ-nya adalah 111, tetapi pada
saat ini hanya bisa bekerja sebesar 105 , jadi tidak optimal. kami
memberikan terapi utk fisik di surya kanti dan juga terapi pada psikolog
tersebut untuk membuat lebih konsentrasi.hasilnya memang belum optimal.
kesulitan saya pada saat ini dalam hal pelajaran sekolah anak yang saat
ini duduk dikelas dua adalah lambatnya bekerja, dalam artian hampir
mayoritas semua pekerjaan tidak pernah selesai dan lamanya
bekerja/mengerjakan 'pr' ataupun pekerjaan sekolah yang dibawa ke rumah
dan juga mengakibatkan hasil ulangan-pun tidak mendapat nilai yang cukup
.. kami mohon bantuan bapak/ibu untuk memberikan sebuah informasi ataupun
nasihat-nya , bagaiman kami mengatasi kesulitan tersebut.dan apakah hal
ini bisa teratasi oleh anak kami pada usia selanjutnya atau tidak
?karena tersus terang, saya merasa kasihan padanya karena teman-temannya
kadang suka mengejeknya dan kemungkinan besar dia tidak akan naik kelas.
sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

J:
DAMP adalah suatu gangguan neuropsikiatrik/neurodevelopmental yang
ditandai dengan adanya defisit dalam perhatian, kontrol motorik, dan
persepsi. Sebagaimana diketahui bahwa DAMP seringkali bertumpang tindih
dengan ADHD/GPPH (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif), oleh
karena gejala yang ditampakkan hampir menyerupai satu sama lainnya.
25-75% dari seluruh anak yang didiagnosis sebagai DAMP juga didiagnosis
sebagai ADHD. Perbedaannya hanyalah: pada anak dengan ADHD lebih banyak
gejala defisit perhatiannya, sedangkan pada DAMP lebih banyak defisit
pada fungsi motorik dan persepsi. Pada kedua diagnosis tersebut, baik
overaktivitas dan impulsivitas yang ditampilkan hampir berimbang. Karena
kelihatannya anak Ibu belum juga teratasi dengan bantuan Psikolog,
alangkah baiknya jika Ibu dapat membawa anak Ibu ke Psikiater anak
terdekat, karena kemungkinan besar ia akan dibantu dengan terapi
medikamentosa agar perilakunya dapat teratasi dengan segera.

T:
Anak saya berusia hampir 3 tahun, menderita pilek sejak berusia 2 tahun.
Sudah kami bawa ke dokter dan di rontgen dan
dicek sinus tapi masih dalam batas normal dan diberikan Ryzen drops(3
bootol), tapi sampai saat ini belum juga sembuh. Napasnya berbunyi bila
sedang tidur spt mendengkur, sepertinya lendir didlm hidung tidak dapat
keluar. Tolong Dok apa yang harus saya lakukan untuk kesembuhan putri
saya dari pilek.
J:
Dari data yang dipaparkan, tampaknya anak Ibu menderita Rhinitis Alergi.
Sebetulnya ada hal-hal yang belum diceritakan, yakni apakah ada riwayat
alergi dalam silsilah keluarga ? Bila ada sangat menyokong. Juga apakah
pileknya setiap saat atau terutama malam (dinihari) sampai bangun pagi
dan bila sudah agak siang pileknya hilang ? Penyakit alergi penanganan
yang penting adalah menghindarkan dari alergen (yang menimbulkan
alergi). Misalnya: makanan ikan laut, telur, coklat, tomat, dll Untuk
alergi yang menyerang salurannafas seperti batuk pilek / asma, biasanya
faktor alergen utamanya adalah tungau debu rumah. Tungau debu rumah
banyak pada karpet, mantel berbulu, mainan berbulu, kotoran / debu
rumah, dll. Untuk mengetahui alergen apa yang sangat berperan pada putri
Ibu, dapat dilakukan uji kulit. Jadi anjuran saya untuk tata laksana
putri Ibu :
Tegakkan dulu diagnosanya dengan pemeriksaan darah / sekret hidung, uji
kulit, feses (Anak Ibu dapat dibawa ke dokter terdekat)
Pengobatan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan yang didapat : -Hindari
/ eliminasi alergen -obat anti alergi -obat simptomatik untuk pileknya
sendiri -obat pencegahan alergi.

T:
Halo Dok, saya ingin menanyakan mengenai bintil-bintil kecil yang timbul
pada anak saya yang berumur 6 bulan (BB/TB 7kg/65). Anak saya sudah
seminggu kena flu dan batuk dan setelah seminggu baru saya mandikan
(selama seminggu hanya di lap saja) dan kemudian muncul bintil- bintil
di kepala dan sekitar leher tapi tidak banyaknya. Bintil-bintil tersebut
kelihatannya berair. Yang ingin saya tanyakan apakah bintil tersebut
cacar air atau karena panas tubuh yang keluar karena lama tidak
dimandikan. Demikian pertanyaan saya dok dan mohon jawabannya.

J:
Bintil-bintil berair di kepala dan sekitar leher yang anak bapak derita
belum tentu cacar air. Dapat saja infeksi kulit oleh kuman yang menempel
pada kulit karena lama tidak dimandikan. Untuk memastikan penyakit yang
diderita oleh anak bapak, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter anak
terdekat, agar dapat dilihat langsung. Anjuran saya, selanjutnya adalah
bila anak terserang pilek, batuk, harus tetap dimandikan, tentu saja
dengan air hangat. Sehingga kulitnya tetap bersih dan penyakitnya tidak
bertambah parah. Bahkan anak akan merasa segar bila tetap dimandikan.

---
Semoga bermanfaat

Dede Maulana

- Pulsa Gratis klik : http://pulsa-gratis.cjb.net
- Jika anda telah memutuskan untuk meraih hidup penuh dengan kesuksesan.
Bergegaslah ke
  http://www.milyuner.com/m.cgi?id=maelia ! Datang dan ubahlah hidup
anda menjadi lebih baik lagi.

        Telah hadir:"MATRIX UNIVERSE" dari PT. INDOSAT Tbk
        yang memberikan solusi untuk dapat berkomunikasi
        dengan biaya yang lebih ringan. Tidak hanya itu,
        "MATRIX UNIVERSE" juga memberikan NILAI TAMBAH
        yang tidak diberikan oleh Provider atau Produk lainnya.
        Kartu perdana Gratis, tertarik? Hub:
        Mailto:[EMAIL PROTECTED]