Dear P hardi,

betul itu kata mom's farrel, tapi kalo ternyata bapak dan ibunya normal2 aja
ukuran tubuhnya, gak mungil gitu... maaf ya pak.. maaf banget... saya kuatir
anak bapak ada kelainan hormon atau metabolisme atau kromosom atau.... lain2...
  Dg usia 3.5 th dan BB 10 kg, berapa TB nya pak?.  Dan bagaimana perkembangan
lain2nya (selain ukuran badannya?).

Saran saya coba bapak bawa anak bapak ke dokter ahli metabolisme anak.  Terus
terang ini pengalaman anak saya juga yg sangat mungil untuk umurnya, dan emang
ketauan ada kelainan kromosom.

Kalo urusan susu, semua sama aja kok.  Terbukti anak saya dikasih pediasure..
ya tetep aja tuh segitu2 aja badannya....  eh pediasure bukan susu ya itu
makanan cair...  saya coba susu bermacam2 merk juga sama2 aja kok....  itu cuma
mitos.  (saya penasaran kan jadi nyobain macam2 merk).hehe.

Segitu ya pak..semoga membantu...

Mama Ryan

PT - Reni <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Dear p'hardi,

Anak bapak cowok atau cewek and gimana dengan postur tubuh ortu
biasanaya itu ada factor keturunan lho...kalo' ortunya kecil ya gak
mungkin anaknya gedhe katanya seh gitu...trus...gimana pola makan dan
minum susunya...atau dia gak napsu makan akibat banyak minum susu...or
kebanyakan ngemil makanan kecil. Kalo menurut aku ya Pak..sebaiknya
jangan dikasih dech makanan kecil yang banyak pengawetnya and MSG-nya
gak bagus lagi... tapi ya jangan sekaligus bertahap ya...dan perlu
kesabaran dan ketlanenan..
Mungkin mamanya juga bisa bikinin makanan yang variatif gitu plus snack
missal pudding or cake yang made home aja lebih sehat..dan harus pinter
ngrayu si kecil..diajak jalan2 atau main ama anak2 sekitar rumah soalnya
biasanya anak akan mau makan kalo banyak temenya bisa juga sambil diajak
nonton Tv kesukaan dia kayak DORA dan Blues itu....
Kalo untuk susu menurutku gak banyak ngaruh..dech Pak jadi mendingan
anggaran buat susu bisa buat bikinin makanan si kecil dan gak menjamin
susu mahal itu bagus.
BTW kayaknya kejadiannya kebalikan dech ama jagoanku, soalnya aku tuch
malah bingung ngurangi napsu makanya abis doyan makan banget doyan
ngemil trus minum susunya juga kuat sehari aja bisa 6 - 10 btl ukuran
240 ml makanya gak heran ya badanya gendut beratnya 26 kg umur hampir 4
th.
Gitu aja ya Pak sharingnya..mohon maaf kalo' gak banyak membantu....

Thank's

Mom's farrel