or mom's n dad's lain ada yg lebih ngerti ?

From: Ratna Wulan Sari <[EMAIL PROTECTED]> on 04/28/2005 09:20
Please respond to balita-anda

To:    balita-anda@balita-anda.com
cc:
cc:    (bcc: Iin BKC1025 Mutmainah/BKCP/BKC)
bcc:   Iin BKC1025 Mutmainah/BKCP/BKC
       |--------------------|
       | [ ] Return Receipt |
       |--------------------|
Fax to:

Subject:Re: [balita-anda] Pengaruh traveling menggunakan pesawat bagi ibu
       hamil

mau tanya juga nih, memangnya ibu hamil <32 minggu kalau naik pesawat,
misalnya ke balikpapan, harus pakai keterangan dokter ? soalnya saya ada
rencana pergi kesana bulan depan.

regards,
ratna

[EMAIL PROTECTED] wrote:

dear dhany,

menurut yang pernah saya baca sih, spt ini :

NAIK PESAWAT TERBANG

Kalangan penerbangan internasional biasanya menerapkan aturan untuk tidak
membolehkan wanita dengan kehamilan di atas 32 minggu ikut penerbangan
jarak jauh. Contohnya, Jakarta-New York yang perjalanannya
memakan waktu hingga 22 jam.

"Dalam penerbangan seperti ini, posisi penumpang, kan, hanya duduk dan ini
yang akan memperbesar risiko terjadinya perdarahan, ketuban pecah,
kontraksi, dan sebagainya," papar Dwipoyono. "Apalagi perubahan
tekanan dalam pesawat juga bisa ikut merangsang kontraksi, hingga
berkemungkinan mempercepat persalinan."

Penerbangan jarak jauh juga tidak dianjurkan bila ibu yang sedang hamil
muda mengalami gangguan morning sickness. Terlalu lama berada dalam pesawat
terbang akan memperberat kondisinya. Kecuali kalau penerbangannya hanya
makan waktu 1-2 jam, dari Jakarta ke Surabaya atau dari Jakarta ke Bali,
misalnya.

  Yahoo! Messenger
- Log on with your mobile phone!