dear mbak dewiyana,

kalo oregano dan basil  adalah bumbu dari dedaunan,
sama seperti basil, rosemary dan thyme, yang umumnya
dipakai untuk membuat saus tomat pada masakan italia.
contohnya: saus spaghetti, saus lasagna. saus yang
dimasak biasanya akan berbau khas yang enak bgt! tapi
jangan kebanyakan pake, karena saus bisa jadi pahit.
kalo mau beli ada di supermarket2 besar koq. sekedar
tips, lebih baik beli yang langsung berupa bubuk
italian seasoning (sudah berupa campuran dari dedaunan
tersebut). lebih terjaga rasanya, murah & simple.
dulu ada ahli masak yang bilang kalo dedaunan italia
itu bisa diganti dengan daun salam untuk aroma rasa.
kalau menurut saya, beda ah aromanya. tapi kalo mau
coba yaa silakan.

keju mozarella dan parmesan. kalo mozarela warnanya
kuning muda, lunak, dan tanpa rasa, menurut saya.
penggunaanya adalah diparut/dipotong tipis kecil-kecil
dan ditaburkan diatas topping (untuk pizza, misalnya).
untuk pengaruh rasa, saya rasa ga ada. untuk tampilan,
mungkin ok ya.. karena keju itu akan meleleh,
memberikan efek warna keemasan pada makanan. jadi
yummy gitu deh. dan kalo makanan dipotong dalam
keadaan panas, keju yang meleleh yang kenyal
memberikan efek serabut.

parmesan, umunya bentuknya bubuk dalam tabung kertas.
mesti selalu dalam keadaan kering. rasanya asin, warna
bubuk kuning tua. selain bisa untuk campuran kue
kaastengel, biasanya sih untuk taburan ketika akan
dimakan. bisa juga dicampur untuk saus keju untuk
resep lasagna.
ngga usah maksa, mbak pake keju ini. cuma sekedar
penambah asin koq. kalo untuk campuran saus, pake
cheddar ajah tambah garam dikit.. hehe..

kalo korsvet kalo ga salah untuk bikin pastry yaa..
ini ada kutipan yang saya dapet dari internet:
Adonan pastry menggunakan pastry margarine atau
korsvet, yaitu sejenis lemak yg dimasukan kedalam
adonan dg cara giling lipat. Kerenyahan pastry
ditentukan oleh kualitas korsvet yg digunakan. Pastry
yg enak adalah renyah dan gurih, tidak lengket di
lidah. Korsvet dapat diperoleh di swalayan berwarna
putih kekuning-kuningan dijual dalam bentuk beku. Dan
harus disimpan dalam lemari es.Nah, bahan lemak itulah
yang patut dicurigai, karena merupakan titik kritis.
Sehingga para pakar pangan halal wajib memberikan
penjelasan, karena roti jenis itu cukup banyak
dijajakan dimana-mana ada yang terbuka ada juga yang
dibungkus.

bahan2 diatas emang susah mbak dicari di kota
tertentu. kalo udah kebelet banget, mending titip
temen atau sodara, berhubung bahan2 diatas (korsvet
ndak tau ya), adalah bahan yang kering dan awet.

semoga bermanfaat yaaa

mamanya danis