Jika BT (bluetooth) pada ponsel DIAKTIFKAN dan statusnya DISCOVERABLE,
maka si ponsel akan bisa menerima kiriman data dari BT device lain yg
berada dalam range BT (+/- 10 meter). Hal ini common disebut
BLUEJACKING.
Lain halnya dengan infra merah, kedua device harus saling berhadapan
dengan jarak dekat (tidak lebih dari 20cm) untuk bisa saling bertukar
data.
Hope it helps & CMIIW

==meynanto==