dear mbak Ami

ini saya ada beberapa artikel mengenai perawatan payudara, semoga bermanfaat

Pengurutan Payudara Saat Menyusui
Sesudah melahirkan, payudara perlu dirawat dengan cara diurut. Tindakan ini
bisa memelihara kebersihan payudara, melancarkan keluarnya ASI, dan juga
mencegah bendungan pada payudara.

Langkah-langkah Pengurutan

  1.. Tuangkan minyak secukupnya.
  2.. Friction : sokong payudara kiri dengan tangan kiri, payudara kanan
dengan tangan kanan. Dua pertiga jari pada tangan yang berlawanan membuat
gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada
puting susu. Lakukan 2 kali gerakan pada setiap payudara.
  3.. Masase: tempatkan kedua telapak tangan diantara kedua payudara.
Urutlah payudara dari tengah ke atas sambil mengangkat kedua payudara, dan
lepaskan kedua payudara perlahan-lahan.
  4.. Sokong payudara dengan satu tangan, sedang tangan lain mengurut
payudara dengan sisi keliling dari arah tepi ke arah puting susu. Lakukan
sebanyak 30 kali.
  5.. Pengompresan Alat-alat yang disiapkan:
  a.. 2 buah kom sedang yang masing-masing diisi dengan air hangat dan
dingin
  b.. 2 buah waslap
Caranya: Kompres kedua payudara dengan waslap panas selama 2 menit, kemudian
ganti dengan kompres dingin selama 1 menit. Kompres bergantian 3 kali
berturut-turut dan akhiri dengan kompres panas.

Bila Payudara Meradang

Radang payudara (mastitis) tidak jarang dijumpai pada wanita yang sedang
menyusui. Tandanya, kulit payudara merah dan bengkak, teraba panas, serta
payudara sakit bukan main. Adanya mastitis biasanya menandakan gaya hidup
dan pola menyusui yang tidak benar, seperti ketidakteraturan menyusui
(sering dilongkapnya waktu menyusui), sering memberikan susu formula untuk
menggantikan ASI, atau tidak memompa payudara secara teratur. Selain itu,
kelelahan dan stres juga bisa menurunkan kekebalan tubuh si ibu sehingga
timbul radang. Agar mastitis tidak terjadi, faktor-faktor diatas harus
diperbaiki.

Perawatan Payudara Segera Setelah Melahirkan

1. Segera susui bayi setelah ia lahir (sebaiknya kurang lebih 1 jam setelah
melahirkan).

2. Berikan kolustrum (ASI yang keluar pertama kali) pada bayi, jangan
dibuang.

3. Susuilah bayi sesering mungkin.

4. Hindari berikan bayi minuman lain selain ASI.

5. Hindari memberikan dot/empeng pada bayi

6. Terapkan teknik menyusui yang benar, yaitu:

   Mulut bayi terbuka lebar.

   Dagu bayi menempel di payudara ibu.

   Bibir bawah bayi melengkung keluar.

   Tepi areola mamae (puting susu) bagian bawah tidak tampak saat bayi
menyusui.

   Bayi tenang dan rileks. Puting susu tidak terasa sakit/nyeri.

  Kadang terdengar suara menelan.

  Perut bayi menempel pada perut ibu.

  Telinga bayi berada dalam keadaan satu garis dengan lengan dan tubuhnya.
Setelah menyusui bayi disendawakan

Pencegahan Radang Payudara saat Menyusui

Cara mencegah radang payudara:

Keluarkan kelebihan ASI dengan segera. ASI yang tidak dikeluarkan kan
menumpuk dan menimbulkan penyumbatan di dalam payudara yang dapat berujung
peradangan.

Susui bayi sesering mungkin dan jangan memperpanjang jarak antar  tiap waktu
menyusui.

Jika payudara sudah terasa penuh ASI, bujuklah bayi untuk menyusui. Anda
tidak perlu menunggu sampai si kecil merasa lapar.

Cara mengatasi radang payudara:

Istirahat. Istirahat akan menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan
tubuh Anda kembali.

Kompres payudara. Secara bergantian, kompres payudara Anda dengan

kompres hangat dan dingin. Kompres dingin menghilangkan rasa nyeri,
sedangkan kompres panas membantu memerangi peradangan.

 Pijat daerah yang sakit. Pemijatan akan meningkatkan sirkulasi,  mengurangi
penyumbatan payudara serta membantu meningkatkan faktor

 imunitas di payudara. Pijatlah payudara Anda sambil mandi air hangat atau
berendam air hangat.

 Jangan berhenti menyusui meskipun payudara meradang. Penghentian ini dapat
menyebabkan terjadinya infeksi kuman penyakit pada

payudara yang dapat berlanjut menjadi abses payudara (payudara bernanah).

 Susuilah lebih sering di payudara yang meradang .

Susuilah payudara yang meradang sampai kosong, karena apabila  yang tersisa
akan lebih mudah terinfeksi lagi.

Sebaiknya langsung susui bayi (jangan dipompa), kecuali jika   terpaksa
karena bayi menolak menyusu, keluarkan ASI dengan tangan atau dipompa.

Mulailah menyusui dengan payudara yang sehat, setelah itu baru ganti ke
payudara yang sakit. Cara ini akan mengurangi nyeri

 saat menyusu.Apabila bayi Anda menolak untuk menyusu pada payudara yang

  meradang, ini dapat disebabkan karena peradangan kelenjar susu
meningkatkan kadar sodium (garam) pada ASI sehingga rasanya jadi

 asin. Kebanyakan bayi tidak menyadari rasa asin ini, tetapi ada bayi yang
menolak untuk meminumnya. Apabila bayi Anda menolak,

  mulailah menyusui dari payudara yang sehat, baru selanjutnya tukar  ke
payudara yang meradang.

 Apabila peradangan terus berlanjut, segeralah periksa ke dokter.

        Sumber: Buklet Prenagen "Perawatan Payudara dalam Masa Kehamilan dan

            Menyusui" "

rgds

Woro/ibunya NIda